Kompas.com - 27/09/2021, 11:13 WIB
Lakukan olahraga yang kita nikmati sehingga bisa bertahan jangka panjang. UNSPLASH/GABIN VALLETLakukan olahraga yang kita nikmati sehingga bisa bertahan jangka panjang.

KOMPAS.com – Otak adalah salah satu bagian terpenting dan kompleks di tubuh manusia. Di dalamnya terdapat miliaran sel saraf yang saling terhubung dan menyimpan seluruh memori kita.

Sayangnya, seiring usia kemampuan daya ingat kita akan menurun. Bahkan, ada penyakit penuaan yang bisa merampas kemampuan kognitif, termasuk hilang ingatan, yaitu demensia.

Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan otak sedini mungkin, mulai dari mengonsumsi makanan yang baik untuk otak, olahraga, bahkan tidur yang cukup.

Meskipun tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa salah satu jenis olahraga adalah yang terbaik untuk kesehatan otak dan memori, tetapi tubuh yang bugar merupakan langkah awal memiliki otak yang sehat.

Howard Fillit, MD, direktur eksekutif dan kepala sains di Alzheimer's Drug Discovery Foundation, mengatakan olahraga terbaik adalah yang yang kita nikmati.

"Jalan cepat, jogging, bersepeda, atau berenang, semuanya dapat bermanfaat bagi kesehatan otak, dan memilih olahraga yang disukai akan membantu kita melanjutkannya dalam jangka panjang, yang merupakan cara terpenting untuk menikmati manfaatnya." 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bersepeda Intensif Selama 15 Menit Tingkatkan Daya Ingat

Fillit mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih rutinitas olahraga, yaitu merangsang kognisi kita yang dapat menjaga tubuh dan pikiran tetap bugar.

Carilah latihan yang menantang kita di berbagai tingkatan

Latihan "multimodal" seperti latihan aerobik dan latihan ketahanan dan keseimbangan dapat mendukung fungsi otak alias kognisi.

"Latihan keseimbangan khususnya dapat berdampak pada kognisi dan memiliki efek positif pada kesehatan otak untuk orang tua," jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.