Kompas.com - 12/10/2021, 12:36 WIB
Tiga ekonom Amerika Serikat raih Hadiah Nobel Ekonomi 2021 Tiga ekonom Amerika Serikat raih Hadiah Nobel Ekonomi 2021

Baca juga: Desa, Tulang Punggung Ekonomi Bangsa saat Pandemi Belum Usai

KOMPAS.com - Hadiah Nobel adalah penghargaan tertinggi untuk ilmuwan yang dianggap memberikan kontribusi besar untuk kemanusiaan.

Penghargaan ini diwasiatkan oleh Alfred Nobel, ilmuwan asal Swedia sekaligus penemu dinamit. Ia mewariskan sejumlah besar uang untuk diinvestasikan dan dibagikan kepada sejumlah ilmuwan berjasa ini.

Hadiah Nobel pertama kali diberikan tahun 1901, lima tahun berselang setelah kematian Alfred Nobel.

Pada awalnya, penghargaan ini hanya terdiri dari lima kategori yakni fisika, kimia, fisiologi atau kedokteran, kesusasteraan, dan perdamaian. Sampai akhirnya tahun 1968 ditambahkan kategori baru yakni bidang ekonomi.

Baca juga: Praktikkan Eksprimen Nyata, 3 Ekonom AS Raih Hadiah Nobel 2021

Fakta soal Nobel ekonomi

Penambahan kategori tersebut dilakukan oleh bank sentral negara Swedia yang bernama Sveriges Riksbank untuk mengenang jasa Alfred Nobel. Hal ini juga dilakukan sebagai peringatan ulang tahun ke-300 bank sentral tertua di dunia ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penghargaan dalam bidang ekonomi ini kemudian diberi nama The Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel. Secara resmi, anugerah ini bukan termasuk dalam Hadiah Nobel seperti di berbagai kategori lainnya.

Namun kini publik mengenalnya dengan istilah Nobel ekonomi meskipun sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan. Hanya saja, memang ada sejumlah kesamaan yang membuatnya dianggap sebagai hal yang sama.

Misalnya, penghormatan ini diumumkan pada rentang waktu yang sama dengan Hadiah Nobel lainnya. Pembagian medali dan hadiahnya juga dilakukan bersamaan oleh Yayasan Nobel setiap tanggal 10 Desember di Stockholm.

Baca juga: Ilmuwan Indonesia Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh 2021

Kesamaan ini juga termasuk penilaiannya yang dilakukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences, otoritas yang menentukan pemenang Nobel fisika dan kimia.

Sedangkan perbedaannya yang mendasar adalah soal sumber uang yang didapat para pemenang dan medali yang diberikan kepada pemenang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.