Kompas.com - 21/10/2021, 16:50 WIB
Ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang dapat dipraktikkan. Namun, sama seperti bekas luka lainnya, stretch mark bersifat permanen, sehingga kita kemungkinan hanya bisa menyamarkannya. SHUTTERSTOCK/YANYAAda beberapa cara menghilangkan stretch mark yang dapat dipraktikkan. Namun, sama seperti bekas luka lainnya, stretch mark bersifat permanen, sehingga kita kemungkinan hanya bisa menyamarkannya.

KOMPAS.com - Ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang dapat dipraktikkan. Namun, sama seperti bekas luka lainnya, stretch mark bersifat permanen, sehingga kita kemungkinan hanya bisa menyamarkannya.

Namun, beberapa perawatan dapat bisa membantu menyamarkannya atau mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan oleh stretch mark.

Apa itu stretch mark?

Stretch mark adalah bekas luka yang berkembang ketika kulit kita meregang atau menyusut dengan cepat. Ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa dipraktikkan.SHUTTERSTOCK Stretch mark adalah bekas luka yang berkembang ketika kulit kita meregang atau menyusut dengan cepat. Ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa dipraktikkan.
Menurut American Academy of Dermatology (AAD), stretch mark adalah bekas luka yang berkembang ketika kulit kita meregang atau menyusut dengan cepat.

Perubahan mendadak menyebabkan kolagen dan elastin pecah. Ketika kulit pulih, stretch mark mungkin muncul.

Tidak semua orang mengembangkan stretch mark di kulitnya. Salah satu faktor yang berperan adalah tingkat hormon yang berfluktuasi. Seseorang juga mungkin memiliki risiko memiliki stretch mark yang lebih tinggi jika memiliki riwayat keluarga mengalami stretch mark.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Menggaruk Kulit saat Menstruasi Picu Stretch Mark

Penyebab stretch mark

Ketika pertama kali muncul, stretch mark cenderung berwarna merah, ungu, merah muda, coklat kemerahan, atau coklat tua. Beberapa cara menghilangkan stretch mark dapat kita praktikkan.FREEPIK Ketika pertama kali muncul, stretch mark cenderung berwarna merah, ungu, merah muda, coklat kemerahan, atau coklat tua. Beberapa cara menghilangkan stretch mark dapat kita praktikkan.
Menurut WebMD, beberapa penyebab stretch mark antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kenaikan berat badan cepat, baik pada pria mau pun wanita.
  • Growth spurt selama masa pubertas.
  • Kehamilan.
  • Operasi impan payudara.
  • Melakukan latihan kekuatan. Orang-orang berisiko memiliki stretch mark ketika lemak luruh dan otot terbentuk.
  • Menggunakan steroid.
  • Sindrom Marfan, penyakit genetik yang melemahkan serat-serat kulit dan menyebabkan pertumbuhan tidak normal.
  • Ehlers-Danlos Syndrome (EDS), kondisi yang dihasilkan dari perubahan genetik pada kolagen.

Ketika pertama kali muncul, stretch mark cenderung berwarna merah, ungu, merah muda, coklat kemerahan, atau coklat tua, tergantung warna kulit seseorang.

Pada awalnya, stretch mark mungkin terasa sedikit terangkat dan terasa gatal.

Seiring waktu, warna stretch mark akan memudar dan guratannya tenggelam di bawah kulit. Jika merabanya dengan jari, kita mungkin akan merasakan sedikit tekanan.

Stretch mark bisa muncul di berbagai area tubuh, seperti lengan, punggung, payudara, bokong, pinggang, bahu, dan perut.

Baca juga: Ashley Graham Pamerkan Stretch Mark Saat Menjadi Model Bikini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.