Kompas.com - 27/10/2021, 12:41 WIB

KOMPAS.com – Banyak yang mengatakan bahwa sarapan adalah sesi makan paling penting dalam menjalani hari.

Memang benar. Sebab, sarapan memiliki banyak manfaat, mulai dari sebagai bahan bakar untuk menjalani hari, meningkatkan kekuatan otak, hingga menjaga kekebalan tubuh.

Namun, bukan berarti kita bebas memakan apapun saat sarapan. Pasalnya, kebiasaan sarapan yang kita pilih dapat membawa perbedaan besar pada sistem kekebalan tubuh kita.

Bahkan faktanya, beberapa kebiasaan sarapan yang sering kita lakukan malah bisa memperburuk sistem kekebalan tubuh tanpa kita sadari.

Nah, untuk memahami tentang berbagai kebiasaan sarapan yang dapat mengacaukun sistem kekebalan tubuh , simak paparan dari ahli gizi dan penulis buku Courtney D'Angelo, MS, RD, dan Lauren Manaker, MS, RDN, berikut ini.

Baca juga: Ide Menu Sarapan Sehat untuk Tubuh Lebih Berenergi

1. Terlalu banyak konsumsi gula tambahan

Jika bicara soal menu sarapan yang akan membantu memperkuat kekebalan tubuh, mungkin kini saatnya untuk mempertimbangkan kembali asupan gula yang dikonsumsi dalam suatu makanan.

"Menu sarapan seperti sereal manis, kue, roti putih, dan pancake semuanya sarat dengan gula tambahan, dan mengonsumsi terlalu banyak gula dari waktu ke waktu dapat berdampak negatif pada sel darah putih, yang dapat melawan infeksi," kata D’Angelo.

Manaker juga berpendapat bahwa semua gula yang ada dalam menu sarapan seperti dalam kopi, oatmeal, maupun donat, semuanya merupakan gula tambahan.

Padahal, data menunjukkan bahwa terlalu banyak gula tidak mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Baca juga: Meski Sedikit, Konsumsi Gula Tambahan Bisa Picu Diabetes hingga Kanker

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.