Kompas.com - 27/10/2021, 16:31 WIB
MSCHF, sebuah kelompok seni membeli sketsa karya Andy Warhol asli seharga 20.000 dollar AS, atau sekitar Rp 283 juta. Kelompok tersebut lantas menjual karya itu kepada satu pembeli yang beruntung, hanya seharga 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 juta. MSCHF VIA CNNMSCHF, sebuah kelompok seni membeli sketsa karya Andy Warhol asli seharga 20.000 dollar AS, atau sekitar Rp 283 juta. Kelompok tersebut lantas menjual karya itu kepada satu pembeli yang beruntung, hanya seharga 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 juta.

KOMPAS.com - MSCHF, sebuah kelompok seni membeli sketsa karya Andy Warhol asli seharga 20.000 dollar AS, atau sekitar Rp 283 juta.

Kelompok tersebut lantas menjual karya itu kepada satu pembeli yang beruntung, hanya seharga 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 juta.

Tapi ada yang menarik dalam penjualan tersebut. Karya seni itu ditawarkan bersama dengan 999 karya palsu berkualitas tinggi, yang -konon- pembuatnya pun tidak bisa membedakan.

Melalui proyek bernama "Museum of Forgeries", sketsa Warhol 1954 yang otentik berjudul "Fairies" diperbanyak dengan teknologi digital dan lengan robot.

Langkah ini dilakukan untuk menciptakan kembali goresan yang tepat, seperti pulasan tangan sang seniman.

Ini merupakan aksi terbaru dari MSCHF yang di dalamnya terdapat 20 seniman yang digugat oleh Nike karena membuat sneaker "Satan" yang dimodifikasi dengan darah manusia asli.

Baca juga: Heboh Sepatu Setan dengan Darah Manusia, Nike Ajukan Gugatan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chief creative officer MSCHF, Lukas Bentel mengatakan, apabila semua potongan itu terjual, kolektif itu akan menghasilkan lebih dari 12 kali lipat dari yang awal yang dibayarkan untuk kreasi asli.

"Proyek ini juga bentuk sarkas terhadap industri yang lebih tertarik pada keaslian sebuah karya seni — atau siapa yang menciptakannya — daripada nilai seni itu sendiri," kata dia.

"Bagi sebagian besar individu berpenghasilan tinggi yang mengoleksi karya seni, ini bukan tentang nilai estetika, tetapi hanya soal nilai investasi," sambung dia.

Menghancurkan asalnya

MSCHF percaya, siapa pun yang membeli karya Warhol yang asli mungkin tidak akan pernah menyadarinya.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.