Kompas.com - 27/10/2021, 16:50 WIB
Salah satu buah yang kerap dipakai untuk menu sarapan. Tapi, amankan untuk disantap dalam keadaan perut kosong? PEXELS/ALLEKSANASalah satu buah yang kerap dipakai untuk menu sarapan. Tapi, amankan untuk disantap dalam keadaan perut kosong?

KOMPAS.com – Saat bangun terlambat atau harus buru-buru pergi dari rumah, pisang kerap digunakan sebagai pengganti menu sarapan.

Pisang memang sering dipilih karena kaya manfaat. Pisang sarat kandungan serat dan potassium -zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk kontraksi otot.

Pisang pun bisa mengurangi retensi cairan, menyeimbangkan kadar gula darah, dan menangkal natrium, serta bertanggung jawab atas air dalam tubuh.

Vitamin A dan C yang melimpah dalam pisang pun membantu menyehatkan dan menjaga kekebalan tubuh dengan membantu mencegah pilek dan penyakit lainnya.

Lebih menariknya lagi, banyak ahli gizi berpendapat, pisang adalah buah yang tidak boleh dilewatkan dalam diet karena berfungsi untuk meningkatkan transit usus.

Jadi, jika mengalami sembelit, buah ini bisa membantu.

Pisang juga cocok bagi yang tidak ingin gemuk, karena memiliki nilai gizi tinggi dan kalori rendah, dengan menyediakan 90 kalori per 100 gram, dengan nol persen lemak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Manfaat Pisang bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Tak hanya itu, pisang pun memiliki berbagai manfaat lain bagi tubuh, seperti detoksifikasi tubuh dari zat berbahaya, dan mempercepat penurunan berat badan.

Pisang juga berguna untuk meningkatkan energi demi memulihkan keadaan otot setelah latihan rutin yang intens.

Lalu saat terpaksa dimakan saat sarapan, pisang juga dapat memberikan dorongan energi dan mampu membuat kita kuat menjalani hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.