Kompas.com - 29/10/2021, 08:40 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama digunakan dengan bijak, teknologi dapat memberikan manfaat besar. Namun pemakaian teknologi yang keliru bisa menimbulkan kerugian.

Karenanya, menyediakan teknologi bagi anak berarti kita harus memantau berapa banyak waktu yang dihabiskan anak berselancar di internet, agar kesehatan mental mereka terjaga.

Sebab, satu studi menemukan remaja yang bermain game di internet (internet gaming) selama 30 hari memiliki risiko 22 persen mengalami Internet Gaming Disorder (IGD).

Internet Gaming Disorder adalah fenomena kecanduan internet, di mana individu tidak mampu mengendalikan penggunaan internet dan video game.

Seperti dikutip Medical Xpress, studi yang dimuat dalam Journal of Addictions & Offender Counseling dilakukan untuk memeriksa kecenderungan IGD pada mahasiswa.

Hasilnya, sebanyak 1,25 persen peserta studi mengalami Internet Gaming Disorder.

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan akibat Main Video Game Menurut Penelitian

Para peneliti juga menemukan, siswa yang terlibat dalam permainan internet selama 30 hari terakhir memiliki kemungkinan 22 persen mengalami IGD dibandingkan mereka yang tidak bermain internet.

Lalu, siswa laki-laki lebih cenderung terlibat dalam permainan internet.

Gagasan IGD masih baru di masyarakat, artinya harus dilakukan kajian mendalam guna memahami dan menanggapi kasus IGD di kalangan remaja.

Peneliti menemukan, lebih dari setengah peserta (59 persen) melaporkan gejala penarikan diri dari dunia luar, meskipun mereka bisa pulih setelah enam jam.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.