Kompas.com - 31/10/2021, 12:39 WIB

KOMPAS.com - Pola makan memiliki peran terhadap kadar kolesterol seseorang, itulah mengapa penting untuk memilih makanan untuk menurunkan kolesterol demi menjaga kadar kolesterol dalam kisaran sehat.

Low-density lipoprotein (LDL) atau kerap disebut kolesterol jahat dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah.

Menurut Medical News Today, penimbunan lemak ini pada akhirnya dapat memblokir aliran darah dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Sementara high-density lipoprotein (HDL) membantu menghilangkan timbunan kolesterol dari tubuh, melalui hati. Kadar kolesterol HDL yang tinggi dapat membantu mengurangi risiko masalah jantung dan stroke.

Baca juga: 9 Minuman yang Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Makanan untuk menurunkan kolesterol

Ada beberapa sumber makanan yang tak hanya baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi baik sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol.

Cobalah menyertakan beberapa berikut ke dalam pola makan harian. Semakin banyak makanan untuk menurunkan kolesterol yang kita konsumsi, makan semakin tinggi peluang kita menghindari risiko masalah jantung dan stroke.

Berikut makanan untuk menurunkan kolesterol yang dapat dipilih:

1. Oatmeal dan makanan tinggi serat

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat membantu mengurangi kadar LDL, sehingga menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol yang baik untuk dikonsumsi.PEXELS/VIE STUDIO Oatmeal mengandung serat larut yang dapat membantu mengurangi kadar LDL, sehingga menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol yang baik untuk dikonsumsi.
Menurut Mayo Clinic, oatmeal mengandung serat larut yang dapat membantu mengurangi kadar LDL, sehingga menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol yang baik untuk dikonsumsi.

Selain oatmeal, kita juga bisa mengonsumsi makanan tinggi serat lainnya.

Serat larut juga ditemukan dalam makanan seperti kacang merah, kubis Brussel, apel dan pir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.