Kompas.com - 31/10/2021, 19:09 WIB

KOMPAS.com - kaus adalah item pakaian yang dimiliki hampir setiap orang dan banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Meski sederhana, cara merawat kaus yang tidak tepat bisa membuatnya lebih mudah rusak. Apalagi, kaus cenderung lebih sering digunakan daripada item pakaian lainnya.

Menyadari hal itu, merek basic apparel lokal dan produsen kaus polos premium, Koze Indonesia, misalnya, memberikan petunjuk perawatan kaus pada produk mereka sehingga pelanggan bisa dengan mudah mengetahui cara merawat kaus yang benar.

"Pada label produk, kami memberikan petunjuk tata cara merawat pakaian. Hal ini bertujuan agar baju kaus bisa lebih awet dan mungkin bisa menghindari kerusakan pada jenis pakaian lainnya," kata Brand founder KOZE INDONESIA, Hendry Liauw, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Baca juga: Tips Mencuci Handuk yang Keras Jadi Kembali Lembut

Cara merawat kaus

Berikut adalah beberapa cara merawat kaus yang dapat dilakukan agar kaus tidak mudak rusak dan lebih tahan lama:

1. Mencucinya bersama item berwarna sama

Ketika mencuci kaos, usahakan menggabungkannya dengan pakaian berwarna sama atau senada, terutama untuk pakaian berwarna putih.FREEPIK Ketika mencuci kaos, usahakan menggabungkannya dengan pakaian berwarna sama atau senada, terutama untuk pakaian berwarna putih.
Ketika mencuci kaus, usahakan menggabungkannya dengan pakaian berwarna sama atau senada, terutama untuk pakaian berwarna putih.

Hal ini penting untuk menghindari baju terkena lunturan dari warna baju lain, karena pewarna pada pakaian tersebut kemungkinan besar akan keluar saat dicuci.

Baca juga: Cara Mudah Jaga Baju Putih Tetap Bersih Tanpa Noda di Ketiak

2. Atur suhu air kurang lebih 40 derajat Celcius

Usahakan suhu maksimum air yang digunakan ketika mencuci kaos adalah 40 derajat Celcius, serta mencuci, membilas, dan memutarnya dengan kecepatan normal.SHUTTERSTOCK/ROZHNOVSKAYA TANYA Usahakan suhu maksimum air yang digunakan ketika mencuci kaos adalah 40 derajat Celcius, serta mencuci, membilas, dan memutarnya dengan kecepatan normal.
Suhu air saat mencuci juga penting untuk diperhatikan.

Usahakan suhu maksimum air yang digunakan ketika mencuci kaus adalah 40 derajat Celcius, serta mencuci, membilas, dan memutarnya dengan kecepatan normal.

Suhu air sangat penting karena mencuci dengan air melebihi suhu 40 derajat Celcius dapat membuat kaus lebih cepat memudar dan menciut.

Baca juga: 8 Benda yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Cuci, Cepat Rusak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.