Kompas.com - 09/11/2021, 13:44 WIB
Hubungan asmara dapat berjalan dengan langgeng jika kedua pihak saling mengerti dan menghargai. PEXELS/Jasmine Carter Hubungan asmara dapat berjalan dengan langgeng jika kedua pihak saling mengerti dan menghargai.

KOMPAS.com – Menjalani hubungan berkomitmen memang tak mudah. Sebab, artinya kita menyatukan dua orang dengan isi kepala berbeda.

Tentu saja, sebagai pasangan kekasih, semua perbedaan yang ada harus diterima masing-masing individu guna membuat hubungan awet dan langgeng.

Sayangnya, itu tidak mudah. Apalagi, tidak pernah puas adalah sifat dasar manusia, membuat terkadang kita ingin mengubah pasangan menjadi orang yang “sempurna” menurut kita, bukan menerima diri pasangan seutuhnya.

Baca juga: Sukses Mendapat Pasangan di Aplikasi Kencan Saat Usia Tak Lagi Muda

Nah, apa yang harus dilakukan agar kita bisa menerima diri pasangan seutuhnya agar hubungan langgeng? Simak tips berikut ini.

1. Jangan berusaha mengubah si dia

Salah satu masalah utama yang membuat hubungan berakhir buruk adalah mengira bahwa pasanganlah yang harus berubah.

Memang, melemparkan semua kesalahan dalam hubungan pada pasangan amat menggoda.

Namun, Andrea Miller, CEO dari YourTango dan penulis dari Radical Acceptance: The Secret to Happy, Lasting Love berpendapat lain.

Dia meyakini bahwa salah satu cara terbaik untuk mengakhiri argumen adalah berhenti mencoba mengubah pasangan dan menerima pasangan dengan sepenuh hati.

Jika melakukannya, ketegangan pun akan berkurang dan kita akan semakin dekat dengan pasangan.

Dengan melepaskan diri dari beban menjadikan pasangan sebagai sosok yang sempurna, akan membuat kita menerima pasangan sepenuhnya, dan membawa dinamika baru dalam hubungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.