Kompas.com - 10/11/2021, 12:26 WIB
Menggunakan kondisioner secara rutin setelah mencuci rambut adalah bagian dari cara merawat rambut yang baik karena dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut. SHUTTERSTOCKMenggunakan kondisioner secara rutin setelah mencuci rambut adalah bagian dari cara merawat rambut yang baik karena dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut.

KOMPAS.com - Rambut yang berkilau dan sehat adalah dambaan para wanita. Untuk mencapai hal itu, diperlukan perawatan rutin dengan menggunakan sampo dan kondisioner.

Jika sampo dipakai untuk membersihkan minyak berlebih dan kotoran yang menempel di rambut, maka kondisioner berfungsi membuat rambut lebih halus, mudah diatur, dan sebagai pelindung dari kerusakan.

Mencuci rambut tanpa pemakaian kondisioner bisa menghilangkan minyak alami yang diperlukan rambut. Akibatnya, rambut tampak kering, kusam dan sulit diatur.

Baca juga: Selain Sampo, Pria juga Perlu Kondisioner untuk Merawat Rambut

Lalu seberapa sering kita sebaiknya menggunakan kondisioner? Dan formula mana yang paling sesuai untuk rambut kita?

Cara kerja kondisioner

Kondisioner merupakan agen yang diformulasikan dengan bahan-bahan seperti minyak, humektan, silikon, dan protein.

Bahan-bahan tersebut akan bekerja bersamaan untuk mengembalikan hilangnya kelembapan dan serat pada rambut yang disebabkan oleh faktor lingkungan, gaya hidup, dan pemakaian sampo.

Jenis kondisioner

Ada beberapa jenis kondisioner, salah satunya deep conditioner. Ini merupakan perpaduan antara kondisioner yang digunakan setelah memakai sampo dan masker rambut (hair mask).

Deep conditioner akan bertahan di rambut untuk jangka waktu lebih lama, sehingga dapat diserap lebih baik oleh kulit kepala.

Kemudian, ada leave in conditioner atau kondisioner yang digunakan setelah mandi tanpa perlu dibilas.

Kondisioner ini akan memelihara sekaligus melindungi rambut kita seharian.

Baca juga: Seberapa Efektif Kondisioner Menutrisi Rambut?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.