Kompas.com - 16/11/2021, 17:13 WIB

KOMPAS.com - Sistem kekebalan tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi bakteri maupun virus.

Maka, ketika pandemi Covid-19 mulai menyerang, kita semua diwajibkan untuk mendapatkan vaksin guna memperkuat sistem kekebalan tubuh tersebut.

Di Indonesia hingga saat ini, tercatat sudah ada sekitar 130,3 juta orang atau 62,5 persen dari sasaran yang telah menerima vaksin dosis pertama.

Kemudian, lebih dari 84,1 juta orang atau 40,4 persen dari sasaran telah mendapatkan dosis kedua.

Untuk vaksinasi ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan sudah diberikan sebanyak 1,19 juta orang atau 81 persen.

Baca juga: Pfizer Ajukan Izin Penggunaan Darurat Vaksin untuk Anak 5-11 Tahun

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Dr Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan data tentang program vaksinasi ini.

Dia menyebut, Indonesia telah melampaui target WHO dengan memberikan vaksin lengkap setidaknya 40 persen populasi pada akhir tahun 2021.

"Indonesia berhasil mencapainya lebih cepat dari target WHO," kata dia seperti dikutip dari laman Kemenkes, Senin (15/11/2021).

Dalam target WHO disebutkan, setiap negara harus merealisasikan vaksinasi setidaknya 10 persen dari populasinya pada akhir bulan September 2021.

Meskipun vaksin dapat membuat tubuh lebih tahan dari serangan virus, namun vaksin juga tidak dapat 100 persen menghindarkan kita dari infeksi Covid-19, -apalagi dengan banyaknya mutasi.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.