Kompas.com - 16/11/2021, 20:19 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dua gelang berlian yang sempat dimiliki Ratu Perancis Marie Antoinette dilepas oleh balai lelang Christie's.

Sepasang gelang yang dihiasi 112 berlian itu terjual seharga 8,1 juta dollar AS atau setara Rp 115 miliar.

Harga jual gelang Marie Antoinette jauh lebih tinggi dari perkiraan awal, yakni antara 2 juta dollar AS-4 juta dollar AS (sekitar Rp 28,4 miliar-Rp 56,9 miliar).

Nominal gelang berlian yang mencapai angka miliaran rupiah tidaklah mengejutkan, jika melihat sejarah di balik gelang itu.

Dapat dikatakan jika gelang ini merupakan bukti obsesi sang Ratu Perancis akan perhiasan dan barang-barang mewah.

Diceritakan ia membeli sepasang gelang berlian dari Boehmer dengan harga 250.000 livre pada tahun 1776.

Perlu diketahui, saat itu mata uang yang digunakan Perancis adalah livre. Barulah setelah tahun 1794, livre diganti dengan franc.

Ratu yang tidak memiliki uang tunai 250.000 livre akhirnya mengirimkan uang muka sebesar 29.000 livre beserta sejumlah permata miliknya untuk ditukar dengan gelang itu.

Sang ibunda Marie, Permaisuri Maria Theresa dari Austria pernah menasihatinya tentang kebiasaannya berbelanja barang mewah.

"Berita dari Paris memberitahu saya jika kamu baru saja melakukan pembelian gelang seharga 250.000 livre, dan akhirnya kamu mengacaukan keuanganmu."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.