Kompas.com - 25/11/2021, 09:18 WIB
Ilustrasi pasangan shutterstockIlustrasi pasangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Bicara soal hubungan asmara, terkadang kita merasa ada sesuatu yang salah dalam hubungan, atau tidak bahagia karena hanya dimanfaatkan oleh pasangan.

Perasaan ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman, karena selain hubungannya tidak didasari rasa cinta yang tulus, tentu tak ada orang yang ingin dimanfaatkan orang lain.

Tak hanya itu, kita juga takut kalau suatu saat pasangan akan meninggalkan kita bila kebutuhannya telah terpenuhi.

Jadi, untuk menyelamatkan diri dari hubungan semacam itu, berikut beberapa tanda bahwa pasangan hanya memanfaatkan kita.

Kita selalu membayar

Tak peduli apakah itu makan siang, makan malam, atau belanja, selalu saja kita yang  membayar semua tagihannya, atau jika pasangan membayar dalam jumlah kecil, kita tetap harus membayar jumlah besarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hati-hati, ini adalah tanda utama kita dimanfaatkan, kecuali kita dan pasangan memang sempat mendiskusikannya sebelumnya.

Cobalah katakan bahwa kita tak bisa selalu membayar dan amati reaksi si dia. Ini akan memberitahu kita bahwa kita sedang dimanfaatkan atau tidak.

Hal ini penting untuk dipertimbangkan, sebab, ini bukan hanya masalah uang saja, namun juga menunjukkan pendidikan dan nilai-nilai dalam diri si dia.

Percakapan satu arah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.