Kompas.com - 28/11/2021, 14:49 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengeluarkan kebijakan baru terkait cara berpakaian warganya.

Setelah melarang penerapan gaya rambut non-sosialis dan skinny jeans, sang diktator kini membuat larangan mengenai penggunaan mantel kulit seperti yang dipakainya.

Sebagaimana dilaporkan Radio Free Asia, sumber di Korea Utara mengatakan kebijakan ini tidak mengizinkan warga biasa mengenakan mantel kulit untuk meniru penampilan Kim.

Diketahui, Kim sudah memakai mantel kulit double-breasted sejak tahun 2019. Sedangkan mantel kulit sudah menjadi mode di Korea Utara sejak awal 2000-an.

Pakaian kulit yang biasa dikenakan Kim dan saudara perempuannya, Kim Yo Jong menjadi populer bagi pria dan wanita di Korea Utara, meskipun harga pakaian tersebut tidaklah murah.

Sebuah laporan mengungkapkan jika warga Korea Utara harus membayar 170.000 won untuk membeli mantel kulit asli, sementara mantel kulit palsu bernilai 80.000 won di pasaran.

Berdasarkan data dari surat kabar Korea Selatan, Korea Joongang Daily, pendapatan bulanan rata-rata warga Korea Utara diperkirakan hanya 4.000 won.

Atas kebijakan terbaru Kim, aparat kepolisian bertindak dengan menyita mantel kulit yang digunakan warga Korut.

Dari keterangan sumber Radio Free Asia, polisi Korea Utara mengatakan warga yang memakai pakaian seperti Highest Dignity --merujuk pada Kim Jong Un-- adalah tren untuk menentang otoritas Highest Dignity.

Polisi kemudian menginstruksikan masyarakat untuk tidak memakai mantel kulit, karena pakaian itu adalah bagian dari arahan partai untuk memutuskan siapa yang boleh memakainya.

Baca juga: Terlihat dari Arlojinya, Berat Badan Kim Jong Un Dikabarkan Turun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.