Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2021, 19:45 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak orang ingin memperindah ruangannya dengan tanaman hias. Selain menambah kesan estetik di sudut ruangan, tanaman juga bisa meningkatkan mood seseorang dan menambah kesan asri.

Meski begitu, kamu tidak bisa sembarangan menempatkan tanaman di dalam ruangan. Sebab, ruangan yang cenderung lembab, kurang sinar matahari, dan dingin tidak selalu cocok dengan tanaman yang membutuhkan cahaya dan tanah yang kering.

Hal ini juga berlaku apabila kamu ingin menempatkan tanaman di dalam ruangan yang ber-AC. Suhu ruangan yang selalu terjaga dalam kondisi dingin, tidak akan cocok untuk semua jenis tanaman.

Rekomendasi tanaman untuk ruangan ber-AC

Jika saat ini kamu sedang mencari tanaman yang ingin kamu tempatkan di ruangan ber-AC, berikut ini rekomendasinya.

1. Peace Lily

Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily.SHUTTERSTOCK/TATYANA ABRAMOVICH Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily.
Di urutan pertama ada tanaman Peace Lily. Tanaman ini cocok ditempatkan di ruangan ber-AC karena menyukai kelembapan.

Dilansir dari Indoor Plants for Beginners, tingkat kelembapan yang ideal untuk merawat Peace Lily adalah 50 persen. Tanpa kelembaban yang cukup, ujung daun Peace Lily akan kecoklatan.

Peace Lily juga bisa bertahan di lingkungan yang minim cahaya. Sehingga, tanaman ini mampu bertahan lama, tetap indah, dan tidak mudah stres.

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, pastikan hewan peliharaanmu tidak berada di sekitar Peace Lily. Sebab, tanaman ini beracun apabila dimakan oleh mereka.

Baca juga: Agar Tanaman Hias dalam Ruangan Cukup Kena Sinar Matahari

2. Lili Paris

Lili paris atau spider plant adalah tanaman ini bisa hidup di kondisi cahaya terang atau sedang, serta pada kondisi tanah yang lembap merata.SHUTTERSTOCK Lili paris atau spider plant adalah tanaman ini bisa hidup di kondisi cahaya terang atau sedang, serta pada kondisi tanah yang lembap merata.
Apabila tanaman ini ingin ditempatkan di dalam ruangan, sebaiknya ditaruh di pot gantung atau dinding dengan posisi yang tidak berhadapan langsung dengan AC.

Karena lili paris atau spider plant bisa tumbuh menjuntai hingga panjang satu meter dan lebar setengah meter, pastikan tanaman ini digantung pada posisi yang benar agar pertumbuhannya tidak terhambat.

Namun, jika ingin ditempatkan di pot biasa, hal ini juga bukanlah masalah. Tanaman ini akan tumbuh secara maksimal jika dijauhkan dari AC atau tidak terlalu dekat dengan udara dingin.

3. Pohon dolar

Ilustrasi ZZ plant atau pohon dolarUnsplash/Kadarius Seegars Ilustrasi ZZ plant atau pohon dolar
Tanaman yang satu ini mungkin sering ditemui, tetapi kamu tidak mengetahui namanya. Ya, pohon dolar yang biasa disebut ZZ Plant merupakan tanaman yang cocok ditempatkan di ruangan ber-AC karena bisa bertahan lama.

Dengan ciri khas batang yang memanjang dan daun yang kaku, pohon dolar bisa hidup di suhu ruangan 18 hingga 32 derajat Celsius.

Dengan demikian, AC di ruanganmu dapat membantu pohon dolar agar tetap hidup, karena suhu AC sesuai dengan habitatnya.

4. Paku Gunung

Ilustrasi pakis Bostonshutterstock Ilustrasi pakis Boston
Di urutan selanjutnya adalah paku gunung. Tanaman yang juga disebut Pakis Boston ini bisa hidup di suhu 15 hingga 23 dearajt Celcius.

Sehingga, tidak akan menjadi masalah jika AC di ruanganmu terus hidup, sementara di dalamnya terdapat paku gunung. Lebih menariknya lagi, tanaman ini bisa bertahan di suhu 10 derajat Celcius.

Walau bisa bertahan di suhu yang sangat rendah, sebaiknya jangan biarkan paku gunung hidup dalam kondisi demikian.

Hal lain yang membuat paku gunung cocok di ruangan ber-AC karena tanaman ini bisa menyaring udara.

Jika tanaman berada di ruangan seluas 9 meter, ia bisa menyaring udara yang mengandung benzena dan formaldehida agar orang yang berada di dalamnya bisa bernapas lebih mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com