Kompas.com - 30/11/2021, 15:58 WIB
Susah fokus dan konsentrasi adalah sesuatu yang normal dan bisa terjadi secara periodik pada sebagian orang. FREEPIKSusah fokus dan konsentrasi adalah sesuatu yang normal dan bisa terjadi secara periodik pada sebagian orang.

KOMPAS.com - Susah fokus dan konsentrasi adalah sesuatu yang normal dan bisa terjadi secara periodik pada sebagian orang.

Kesulitan konsentrasi adalah penurunan kemampuan untuk memfokuskan pikiran pada sesuatu.

Menurut Healthgrades, kesulitan konsentrasi bisa dikaitkan dengan kesulitan untuk tetap terjaga, impulsif, pikiran atau kekhawatiran yang mengganggu, aktivitas yang berlebihan, atau kurangnya perhatian.

Beberapa penyebab susah fokus dan konsentrasi adalah hal normal. Misalnya, karena pekerjaan harian yang menumpuk, mengurus keluarga, multitasking, dan lainnya.

Namun, penyebab susah fokus dan konsentrasi juga bisa merupakan masalah medis, kognitif atau psikologis, atau mungkin berkaitan dengan gangguan tidur atau obat-obatan atau alkohol.

Susah fokus dan konsentrasi bisa terjadi dalam jangka panjang seperti pada kssus gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD), atau timbul sebagai akibat dari penyakit atau peristiwa lain.

Tergantung pada penyebabnya, susah fokus dan konsentrasi dapat diatasi dengan perawatan yang tepat.

Baca juga: 11 Makanan Penambah Daya Ingat

Penyebab susah fokus dan konsentrasi

Berikut sejumlah penyebab susah fokus dan konsentrasi yang mungkin dialami:

1. Terlalu sering menggunakan teknologi

Terlalu sering menggunakan teknologi bisa menjadi penyebab susah fokus dan konsentrasi.SHUTTERSTOCK Terlalu sering menggunakan teknologi bisa menjadi penyebab susah fokus dan konsentrasi.

Saat ini, hampir semua orang memiliki gawai, bahkan lebih dari satu. Semua gawai tersebut menyedot perhatian kita.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.