Kompas.com - 29/11/2021, 08:41 WIB
Ada sejumlah makanan penambah daya ingat untuk membantu kita lebih fokus dan berkonsentrasi sepanjang hari, seperti ikan berlemak, cokelat hitam, serta beberapa jenis sayur dan buah. FREEPIK/RAWPIXEL.COMAda sejumlah makanan penambah daya ingat untuk membantu kita lebih fokus dan berkonsentrasi sepanjang hari, seperti ikan berlemak, cokelat hitam, serta beberapa jenis sayur dan buah.

KOMPAS.com - Ada sejumlah makanan penambah daya ingat untuk membantu kita lebih fokus dan berkonsentrasi sepanjang hari, seperti ikan berlemak, cokelat hitam, serta beberapa jenis sayur dan buah.

Apa kaitannya makanan dan daya ingat?

Menurut Medical News Today, otak adalah organ yang padat energi. Organ ini menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari.

Otak juga butuh nutrisi tertentu agar tetap sehat. Asam lemak omega-3, misalnya, membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak.

Sementara, antioksidan membantu mengurangi stres dan peradangan sel yang berkaitan dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Baca juga: 7 Latihan Otak di Pagi Hari untuk Menjernihkan Pikiran

Makanan penambah daya ingat

Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak secara keseluruhan masih terus diteliti.

Namun, menurut Mayo Clinic, sejumlah penelitian yang sudah dilakukan menyarankan kita untuk menerapkan rencana makan yang menyediakan pilihan lemak sehat dan berbagai makanan nabati yang kaya akan fitonutrien.

Selain itu, hindari konsumsi sumber lemak tidak sehat dan mengingat untuk terus mengonsumsi makanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi otak.

Berikut sejumlah makanan penambah daya ingat yang baik dikonsumsi secara rutin:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti tuna adalah salah satu makanan penambah daya ingat karena tinggi kandungan asam lemak omega-3.UNSPLASH/JIRAYU KOONTHOLJINDA Ikan berlemak seperti tuna adalah salah satu makanan penambah daya ingat karena tinggi kandungan asam lemak omega-3.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.