Kompas.com - 01/12/2021, 15:52 WIB

KOMPAS.com - Suasana Natal kurang meriah tanpa memutar lagu-lagu Natal. Namun, hampir semua tempat akan memutar lagu-lagu bertemakan Natal sehingga sebagian orang merasa stres. 

Sejumlah survei dalam satu dekade terakhir menemukan, sebagian orang Amerika tidak terlalu menyukai lagu Natal.

Survei Consumer Reports pada 2011 menemukan sebanyak 23 persen responden mengaku takut mendengar lagu Natal menjelang masa liburan.

Sementara itu, survei tahun 2017 yang dilakukan Soundtrack Your Brand mengungkap, sekitar 17 persen konsumen di AS tidak menyukai lagu Natal.

Hasil lain yang diperlihatkan survei tersebut adalah sebanyak 25 persen staf ritel di AS dan Inggris mengatakan lagu Natal membuat suasana Natal kurang meriah.

Baca juga: Suasana Natal Memang Bikin Bahagia

Juga, sekitar 16 persen staf ritel menyebut lagu Natal menyurutkan kesejahteraan emosional mereka.

Menurut Elaine Rodino, PhD, psikolog yang berpraktik di State College Pennsylvania, AS, musik dapat berdampak secara signifikan terhadap individu. Terlebih jika musik tersebut berkaitan dengan ingatan dan emosi individu.

Sebagian orang yang merasa stres dengan lagu Natal kemungkinan disebabkan oleh fakta bahwa lagu tersebut membangkitkan kenangan buruk atau pengalaman negatif mereka di masa lalu, catat Rodino.

"Musik memiliki cara untuk membangkitkan emosi dan kenangan," kata dia kepada Fox News.

"Jadi menyangkut lagu Natal, banyak orang tidak memiliki kenangan indah tentang liburan. Dan itu membangkitkan kenangan yang tidak terlalu baik."

Halaman:


Video Pilihan

Sumber FOXNEWS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.