Kompas.com - 04/12/2021, 10:02 WIB
Pepaya adalah salah satu bahan alami untuk kesehatan kulit PEXELS/ANY LANEPepaya adalah salah satu bahan alami untuk kesehatan kulit

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan alam dan hasil bumi yang luar biasa.

Maka, tidak heran jika banyak negara lain yang sering kali mengekspor rempah-rempah dari sini.

Selain digunakan untuk menambah cita rasa dalam makanan, rempah-rempah atau bahan alami yang banyak ditemukan di Indonesia juga ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kulit.

Sebagai Bapak Inovator Martha Tilaar Group (MTG) sekaligus Corporate Creative Innovation Director, Kilala Tilaar menyebutkan, ada banyak sekali produk kecantikan yang diambil dari tanaman asli Indonesia.

Baca juga: Pepes Ayam Kemangi

"Melalui research yang kita kembangkan bersama dengan Kalbe Farma selama 25 tahun, terbukti bahan-bahan alami dari Indonesia itu tidak kalah bagusnya dari luar negeri," kata dia dalam Media Lunch with Martha Tilaar Group, Kamis (2/12/2021).

Dia pun mengatakan, saat ini, tren clean beauty atau konsep perawatan kulit yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya juga sedang digandrungi, khususnya oleh para perempuan.

Sehingga, ke depannya akan lebih banyak lagi produk-produk kecantikan dan perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan alami dari superfood maupun superfruit.

Ada pun Kilala juga memberi tahu sejumlah bahan-bahan alami di Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit sebagai berikut ini.

1. Cabai

Kilala mengatakan, cabai sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama pada pori-pori wajah.

"Cabai memiliki sensori pedas yang baik untuk membuka pori-pori dan vitamin C di dalamnya juga bagus untuk ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit guna melawan penuaan kulit," kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.