Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 10:02 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan alam dan hasil bumi yang luar biasa.

Maka, tidak heran jika banyak negara lain yang sering kali mengekspor rempah-rempah dari sini.

Selain digunakan untuk menambah cita rasa dalam makanan, rempah-rempah atau bahan alami yang banyak ditemukan di Indonesia juga ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kulit.

Sebagai Bapak Inovator Martha Tilaar Group (MTG) sekaligus Corporate Creative Innovation Director, Kilala Tilaar menyebutkan, ada banyak sekali produk kecantikan yang diambil dari tanaman asli Indonesia.

Baca juga: Pepes Ayam Kemangi

"Melalui research yang kita kembangkan bersama dengan Kalbe Farma selama 25 tahun, terbukti bahan-bahan alami dari Indonesia itu tidak kalah bagusnya dari luar negeri," kata dia dalam Media Lunch with Martha Tilaar Group, Kamis (2/12/2021).

Dia pun mengatakan, saat ini, tren clean beauty atau konsep perawatan kulit yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya juga sedang digandrungi, khususnya oleh para perempuan.

Sehingga, ke depannya akan lebih banyak lagi produk-produk kecantikan dan perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan alami dari superfood maupun superfruit.

Ada pun Kilala juga memberi tahu sejumlah bahan-bahan alami di Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit sebagai berikut ini.

1. Cabai

Kilala mengatakan, cabai sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama pada pori-pori wajah.

"Cabai memiliki sensori pedas yang baik untuk membuka pori-pori dan vitamin C di dalamnya juga bagus untuk ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit guna melawan penuaan kulit," kata dia.

Capcaisin yang terkandung di dalam cabai kini mulai banyak digunakan sebagai krim untuk meringankan peradangan, kemerahan, dan rasa nyeri di kulit akibat psoriasis.

2. Langsat

Selanjutnya ada langsat. Ekstrak buah ini disebut dapat membuat kulit kita tampak lebih cerah.

Misalnya, Kilala mencontohkan, perempuan suku Dayak di Kalimantan secara turun temurun menggunakan langsat untuk dijadikan sebagai bahan bedak dingin yang dioleskan ke kulit wajah.

"Makanya kalau kita lihat perempuan-perempuan Kalimantan itu kan kulit wajah putih seperti orang China dan glowing juga kan," ungkap dia.

"Karena buah langsat itu mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bisa menyegarkan kembali kulit dari melanin yang membuat kulit kita tampak lebih gelap," sambung dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com