Kompas.com - 06/12/2021, 13:19 WIB
Ilustrasi pria shutterstockIlustrasi pria

KOMPAS.com - Ada sejumlah gangguan kesehatan yang sangat dikhawatirkan pria. Selain disfungsi ereksi atau impotensi, kekurangan testosteron juga menjadi salah satunya.

Kurangnya testosteron pada pria dapat diketahui dari berkurangnya gairah seksual, perasaan depresi, hingga tubuh mudah lelah.

Karena gangguan kesehatan ini bisa berdampak serius bagi tubuh, tak sedikit pria yang mulai mawas diri dan berkonsultasi ke dokter untuk mengecek tingkat testosteronnya.

Banyaknya pria yang mulai khawatir testosteronnya rendah juga diakui oleh Spyros Mezitis, MD, Ph.D, seorang ahli endokrinologi di Lenox Hill Hospital di New York, AS.

"Lebih banyak pria yang semakin tua, dan lebih terbuka berbicara tentang disfungsi ereksi," ujar Mezitis.

Mezitis menduga salah satu penyebab banyak pria pergi ke dokter untuk menanyakan tingkat testosteron, karena tubuhnya mudah merasa lelah.

Ia mengatakan, pasien yang datang ke tempatnya mengeluh bahwa mereka merasa sangat lelah, lebih lemah, depresi, dan telah kehilangan gairah seks. Semua keluhan ini disebut Mezitis sebagai gejala umum dari penurunan testosteron.

"Sebagai seorang ahli endokrin, saya menduga ada masalah hormon. Bisa jadi itu adalah testosteron, terkadang itu adalah tiroid, dan terkadang itu adalah sesuatu yang tidak berhubungan dengan hormon."

Mezitis menungkapkan, setelah pasien melakukan tes, hasilnya sekitar seperempat hingga sepertiga pria memiliki testosteron di bawah normal.

Baca juga: 4 Hal Seputar Hormon Testosteron, Pria Wajib Tahu

Apa itu Testosteron?

Perlu diketahui testosteron adalah hormon yang mendominasi tubuh pria. Hormon ini dapat menumbuhkan rambut di dada pria, memberi dorongan seksual, hingga membentuk massa otot.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.