Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Cara Atasi Lingkungan Kerja yang Tak Baik bagi Kesehatan Mental

Kompas.com - 07/12/2021, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nur Ithrotul Fadhilah & Ikko Anata

MEMILIKI lingkungan kerja yang baik dan suportif akan membuat etos kerja lebih meningkat. Hal tersebut akan berdampak pada suasana hati yang baik pula.

Namun, masih sedikit yang memiliki atensi terhadap lingkungan kerja yang suportif, tak terkecuali menyangkut kesehatan mental. Selain itu, kesehatan mental di lingkungan kerja juga masih menjadi hal yang minim diperbincangkan meski hal tersebut sangat penting.

Menurut WHO, kesehatan mental adalah keadaan sejahtera ketika individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Baca juga: 6 Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental di Sela Kegiatan Harian

Sane.org melaporkan, setiap tahun sekitar 20 persen kehidupan orang Australia dipengaruhi oleh masalah kesehatan mental dan 45 persennya diperkirakan memang mengalami masalah kesehatan mental.

Sama seperti penyakit fisik, masalah kesehatan mental muncul tanpa memandang usia, pekerjaan, latar belakang, atau kepribadian.

Berbagai sumber masalah dapat muncul dari lingkungan kerja atau kantor yang kemudian berdampak pada kesehatan mental. Lantas, apa saja sumber masalah tersebut, serta bagaimana mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Tidak cocok dengan atasan

Salah satu sumber masalah kesehatan mental di lingkungan kerja adalah ketidakcocokan dengan atasan atau bos sehingga dapat memunculkan berbagai masalah dan perselisihan.

Dra. Astrid Regina Sapiie, seorang psikolog klinis dan CEO Dear Astrid dalam siniar Anyaman Jiwa berjudul “Bicara Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja” mengemukakan, sebagai bawahan kita sebetulnya memiliki pilihan untuk membuat diri terhindar dari masalah, misalnya dengan mundur atau resign dari pekerjaan.

Terkadang, kita merasa tidak bisa memenuhi apa yang atasan targetkan sehingga menjadi beban untuk diri sendiri.

Namun, masih banyak yang tidak memilih mundur karena kaitannya dengan faktor ekonomi atau masalah jabatan sehingga memutuskan untuk menerima saja. Jika kita senang menjalaninya, tidak akan menjadi beban.

Namun jika sebaliknya, hari-hari saat kembali ke kantor akan terasa semakin berat karena ada atasan yang menjadi sumber tekanan.

Hal tersebut tentu akan mengganggu kesehatan mental yang kemudian berdampak terhadap kesehatan fisik, seperti badan terlihat letih dan lesu.

Salah satu hal untuk mengatasi tersebut adalah dengan membicarakan dengan atasan.

Tanisha Ranger, PsyD, sebagai dikutip Psycom-net menyebutkan, keputusan untuk membicarakan permasalahan dengan atasan sangat bergantung pada situasi. Ia menambahkan, “Jika kamu mengenal atasan kamu dengan baik dan memiliki hubungan kerja yang baik, saya pikir akan sangat bermanfaat untuk memberitahu dia tentang penyakit mental kamu.”

Namun, jika tidak mengenal atasan dengan baik atau tidak memiliki hubungan kerja yang baik, memberitahunya tentang masalah kesehatan mental akan dapat merugikan kita. Oleh karena itu, mengenai keputusan untuk membicarakan masalah kesehatan mental dengan atasan, baiknya mempertimbangkan dengan tempat dan lingkungan kerja masing-masing.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com