Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 15:22 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ada beberapa pilihan olahraga yang baik untuk ibu hamil muda.

Masa kehamilan terdengar seperti waktu yang tepat untuk duduk dan rileks. Sebab, ibu hamil pada umumnya cenderung merasa lebih lelah daripada biasanya dan punggung terasa lebih sakit karena membawa beban ekstra.

Namun faktanya -kecuali pada ibu hamil yang mengalami komplikasi, kehamilan adalah waktunya untuk bergerak aktif, bahkan ketika ibu sebelumnya tidak terlalu rutin aktif bergerak.

Menurut Mayo Clinic, beberapa manfaat olahraga untuk ibu hamil termasuk mengurangi sakit punggung, sembelit, kembung, dan bengkak, meningkatkan suasana hati dan energi, membantu tidur lebih nyenyak, serta mencegah kenaikan berat badan berlebih.

Manfaat lainnya adalah mengurangi risiko diabetes gestasional dan mengurangi risiko menjalani operasi caesar.

Namun, menjalani olahraga ketika tidak hamil dan ketika hamil bisa cukup berbeda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil muda.

Baca juga: 12 Cara Cepat Hamil untuk Pasangan yang Baru Menikah

Olahraga yang baik untuk ibu hamil muda

Jika sebelumnya tidak terbiasa berolahraga rutin, periode kehamilan bisa menjadi momen untuk mengawali rutinitas sehat tersebut.

Menurut Healthline, mulailah dengan aktivitas fisik ringan hingga 30 menit per hari, sebanyak tiga hingga lima kali per minggu.

Jika memungkinkan, memakai jasa pelatih kebugaran bisa membantu membimbing selama masa kehamilan.

Beberapa jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil muda antara lain:

  • Pilates

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil muda. Ibu bisa melakukannya sekali seminggu untuk membangun kekuatan dan keseimbangan.FREEPIK/YANALYA Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil muda. Ibu bisa melakukannya sekali seminggu untuk membangun kekuatan dan keseimbangan.

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil muda. Ibu bisa melakukannya sekali seminggu untuk membangun kekuatan dan keseimbangan.

Olahraga ini dapat membantu mengatasi dua tantangan yang dihadapi selama masa kehamilan, yakni keseimbangan dan nyeri punggung bawah.

Pilates membangun otot inti melalui serangkaian peralatan dan latihan lantai.

Pada sesi pertama kita akan fokus membangun kekuatan, sementara di sesi selanjutnya menantang kekuatan dan keseimbangan tubuh.

Hindari pose di mana ibu perlu berbaring telentang dan memutar bagian tengah tubuh.

Selama menjalani pilates, tak perlu terlalu memaksakan diri, termasuk untuk melakukan latihan perut. Sebab, ini bisa menyebabkan diastasis recti atau kondisi di mana panel paralel otot perut terpisah untuk sementara.

Baca juga: 3 Masalah yang Umum Dipulihkan Lewat Pilates

  • Yoga

Yoga adalah olahraga yang baik untuk ibu hamil muda dan bisa dikatakan merupakan pilihan terbaik.Unsplash/Kaylee Garrett Yoga adalah olahraga yang baik untuk ibu hamil muda dan bisa dikatakan merupakan pilihan terbaik.

Yoga adalah olahraga yang baik untuk ibu hamil muda dan bisa dikatakan merupakan pilihan terbaik.

Yoga membantu kita membangun kekuatan dan keseimbangan, menjaga otot tetap lentur, mengurangi tekanan darah, dan membuat ibu berlatih ritme napas yang dapat membantu selama proses persalinan.

Saat memasuki masa menopause kelak, penelitian juga menemukan bahwa rutin melakukan yoga juga dapat membantu mencegah osteoporosis dengan membangun kepadatan mineral tulang.

Jika sebelum hamil sudah rutin berlatih yoga dan nyaman dengan latihan yang dilakukan, maka lanjutkanlah.

Namun, ibu hamil dianjurkan menghindari posisi seperti menekuk punggung ke belakang, pose yang memutar perut, dan posisi di mana kaki berada di atas kepala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com