Kompas.com - 09/12/2021, 17:02 WIB
ilustrasi donat kentang. SHUTTERSTOCK/sri widyowatiilustrasi donat kentang.

KOMPAS.com - Berbagai resep yang dapat dikombinasikan dengan santan ternyata banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Hal itu tercermin dari angka pencarian yang tinggi di Google Trend. Resep-resep yang banyak dicari antara lain rendang sapi, donat, serta pempek.

Konten kreator yang banyak mengulas tentang makanan, Magdalena Fridawati mengatakan, makanan tradisional memang menjadi tren di tahun 2021.

"Dari yang sekarang banyak viral sebenarnya makanan tradisional yang sudah ada sejak dulu, cuma dikemas lagi secara modern," ujarnya dalam diskusi virtual yang diadakan oleh Tetra Pak dan Sun Kara (9/12).

Selain itu, makanan yang terinspirasi dari film atau drama Korea juga banyak dicari, misalnya saja permen dalgona yang populer dari serial Squid Game.

Sementara itu untuk tren kuliner di tahun 2022 mendatang, Magdalena memprediksi bahwa makanan-makanan yang praktis dan higienis masih akan digemari di masyarakat.

Ditambahkan oleh Chef Rinrin Marinka, makanan sehat berbasis nabati (plant based) juga diprediksi akan populer tahun depan.

Baca juga: 3 Cara Masak Lodeh agar Santan Tidak Pecah

"Dengan adanya pandemi semua orang maunya yang sehat karena sekarang itu kesehatan sangat penting. Jadi plant based dan flexitarian akan tren tahun depan," kata Rinrin dalam acara yang sama.

Ilustrasi rendang daging sapi Padang. SHUTTERSTOCK/ISMED_PHOTOGRAPHY_S5 Ilustrasi rendang daging sapi Padang.

Lima makanan bersantan yang viral

Marketing Manager Tetra Pak Indonesia, Santi Panjaitan, menjabarkan bahwa ada 5 jenis sajian viral di Indonesia yang penggunaannya bisa menggunakan santan kelapa.

Makanan itu antara lain makanan yang sering disajikan dalam acara khusus, seperti ayam kodok, nastar, dan sagu keju.

Kemudian ada makanan dan minuman manis, yaitu boba, kopi dalgona, bomboloni, pie susu teflon, dan buko pandan. Kemudian ada makanan rumahan yaitu salmon mentai, craffle, korean garlic bread, dan lunch box cake.

Di kategori keempat adalah makanan berbasis nabati seperti salad, smoothie, dan mi shirataki. Terakhir adalah fusion food mix atau perpaduan antara makanan tradisional dan internasional, yaitu nasi padang wrap, cendol dessert box, dan klepon cake.

Baca juga: Resep Klepon Cake, Pilihan Dessert Audrey MasterChef Indonesia

Rinrin mengatakan, citarasa khas masakan Indonesia memiliki kombinasi banyak rasa di dalamnya, seperti rasa gurih.

"Orang Indonesia suka sesuatu yang creamy dan kombinasi rasa seperti gurih. Kemudian tekstur topping yang crunchy di awal tapi gigitan selanjutnya lembut. Jadi, dalam satu makanan ada banyak rasa," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.