Kompas.com - 26/12/2021, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Wanita, khususnya ibu hamil rasanya sudah tak asing lagi dengan senam kegel.

Umumnya, senam kegel dianjurkan bagi para ibu hamil sejak trimester kehamilan pertama guna memperlancar proses persalinan.

Senam kegel bertujuan untuk memperkuat otot-otot di daerah panggul.

Awalnya, Arnold Kegel, ginekolog asal AS mengembangkan konsep senam kegel pada 1950-an untuk membantu pasien yang mengalami inkontinensia urin.

Kondisi ini merupakan hilangnya kendali atas kandung kemih, sehingga keluar dari tubuh tanpa disadari.

Akan tetapi, senam tersebut diketahui memiliki banyak manfaat lain, menurut Marianne Ryan, terapis fisik yang berbasis di Manhattan, AS. 

Baca juga: Jangan Remehkan Manfaat Senam Kegel untuk Laki-laki

"Penguatan dasar panggul penting karena otot-otot ini berperan dalam inkontinensia, fungsi seksual, dan bertindak sebagai tempat untuk menopang panggul," kata pakar yang berfokus dalam terapi fisik dasar panggul ini.

Senam ini, ia melanjutkan, bahkan dapat mencegah kebocoran urin dan tinja, nyeri panggul, dan hubungan seks yang menyakitkan.

Tidak hanya wanita, pria juga bisa memeroleh manfaat dari senam kegel. Hanya saja memang belum banyak yang memahami cara melakukannya.

Mehran Movassaghi, ahli urologi dan spesialis kesehatan pria dari Santa Monica, AS menjelaskan bagaimana cara mempraktikkan senam ini dengan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.