Kompas.com - 26/12/2021, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kulit kita pasti akan memperlihatkan tanda-tanda penuaan, khususnya di bagian bawah mata.

Untuk itu, merawat bagian bawah mata perlu menjadi rutinitas harian untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti munculnya kerutan di bawah mata.

Seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri AziMD Skincare, Dr Azadeh Shirazi, mengatakan bahwa kulit di bawah mata lebih tipis daripada bagian wajah lainnya dan lebih rentan terhadap faktor eksternal yang dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan.

"Ketika kolagen dan elastin mulai menurun mulai usia 20-an, kita mulai membentuk garis dan kerutan pada usia 30-an," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa tiga jenis kerutan dapat berkembang di sekitar mata seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Mengenal Jenis Kerutan dan Cara Mencegahnya

Pertama adalah kerutan dinamis yang terbentuk dari kontraksi otot di bawah permukaan kulit dan akan muncul saat kita tersenyum.

Kemudian seiring waktu, kerutan dinamis dapat menjadi kerutan statis yang merupakan hasil dari proses penuaan alami dan faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari yang memperburuk kerutan.

Lalu yang ketiga adalah kerutan statis atau garis halus yang terlihat saat wajah kita tidak bergerak.

"Jenis kerutan yang terakhir adalah lipatan kerutan yang disebabkan oleh hilangnya dukungan dan struktur seiring bertambahnya usia, yang menyebabkan lipatan kendur dan timbul kerutan," terang Shirazi.

Nah, untuk mengatasinya, para ahli kecantikan pun membagikan sejumlah tips mengurangi kerutan di bawah mata, seperti yang dilansir dari laman Instyle berikut ini.

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan Saat Memakai Krim Mata

Halaman:


Video Pilihan

Sumber InStyle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.