Kompas.com - 03/01/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini istilah arthritis sering terdengar. Arthritis adalah gangguan pada sendi yang tidak boleh disepelekan.

Arthritis disebabkan oleh peradangan sendi yang memengaruhi satu atau beberapa sendi. Kondisi ini memicu rasa nyeri, kekauan, dan pembengkakan pada sendi.

Jika tidak ditangani, penyakit arthritis bisa memicu kerusakan pada tulang dan menghambat kehidupan kita.

Penderita radang sendi atau arthritis biasanya mendapatkan perawatan berupa konsumsi obat-obatan, metode rehabilitasi dan fisioterapi.

Baca juga: 7 Jenis Arthritis Autoimun, Bukan Hanya Rematik

Namun arthritis dapat diperbaiki dengan aktif secara fisik, menjaga berat badan serta melakukan yoga dan relaksasi sendi.

Dr Biren Nadkarni, konsultan senior ahli bedah ortopedi dan penggantian sendi di Sitaram Bhartia Institute and Holy Family Hospital di New Delhi, India berbagi apa saja gejala yang dialami pengidap arthritis.

"Terlepas dari jenis radang sendi yang diderita, individu kemungkinan mengalami demam, pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan, kelelahan, tak dapat menggunakan tangan, sulit berjalan, dan kurang tidur."

Menurut Nadkarni, tanda-tanda awal arthritis termasuk nyeri sendi, kekakuan dan pembengkakan sendi, rentang gerak yang berkurang, hingga kemerahan pada kulit di sekitar sendi.

"Nyeri sendi yang tidak dapat dijelaskan biasanya disertai demam, kesulitan membawa barang dalam tugas sehari-hari karena nyeri sendi, sedangkan obat pereda rasa sakit tidak dapat menyembuhkan nyeri sendi," kata dia.

Kebiasaan/kondisi yang memicu radang sendi

Sesuai penjelasan Biren, berikut ini gaya hidup yang dapat memicu radang sendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.