Kompas.com - 11/01/2022, 06:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Makanan seperti tiram dan dark chocolate disebut-sebut dapat menjadi afrodisiak alami yang dapat mendorong hasrat seksual seseorang. Namun, apakah benar begitu?

Ternyata, jawabanya antara iya dan tidak. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat afrodisiak ada di dalam pikiran kita. Kendati demikian, adanya efek plasebo pun bisa sangat membantu.

Nah, ahli diet terdaftar Julia Zumpano, RD, menjelaskan apa itu afrodisiak, dan menunjukkan bagaimana keefektifannya.

Apa itu afrodisiak?

Menurut Zumpano, afrodisiak adalah makanan yang dianggap berdampak pada dorongan seks, dan secara historis dibagi menjadi tiga kategori, yaitu makanan yang menimbulkan libido, potensi, dan kenikmatan seksual.

Nah, kini ada banyak sekali makanan yang dianggap termasuk dalam kategori afrodisiak karena beberapa alasan.

Beberapa makanan memang memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang memiliki dampak langsung pada gairah seks kita, sementara yang lain hanya memiliki atribut yang terkait dengan peningkatan gairah, karena alasan berikut ini.

Berbentuk sugestif

Makanan yang berbentuk seperti alat kelamin (tiram, asparagus, umbi akar) dianggap memiliki kualitas afrodisiak karena bentuknya mengingatkan pada alat kelamin dan seks, sehingga kita memikirkannya.

Makanan terkait reproduksi

Makanan seperti kaviar, telur puyuh, serta daging organ reproduksi (misalnya, testis banteng atau torpedo alias zakar kambing) dikatakan dapat meningkatkan energi seksual kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.