Kompas.com - 18/01/2022, 16:49 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anne Avantie dikenal sebagai salah satu desainer kebaya kondang Indonesia yang telah berkarir sejak tahun 1989.

Dan hasil karyanya tidak main-main karena Anne juga selalu berusaha untuk memasukkan berbagai filosofi yang bermakna bagi para pengguna karyanya.

Selain membuat kebaya dan pakaian, Anne pun diketahui telah menciptakan beberapa desain untuk koleksi perhiasan bermotif batik "Kekaseh" yang diluncurkan oleh The Palace pada tahun 2015.

Adapun koleksi perhiasan itu terdiri dari enam cincin bermotif batik khas Jawa yakni Parang Kusumo, Wahyu Tumurun, Truntum, Sekar Jagad, Sido Asih, dan Sido Mukti. 

Keenam cincin tersebut semuanya memiliki maknanya masing-masing.

Koleksi cincin Kekaseh dari The Palace yang dirancang khusus oleh desainer kondang Indonesia Anne Avantie.The Palace Koleksi cincin Kekaseh dari The Palace yang dirancang khusus oleh desainer kondang Indonesia Anne Avantie.
Namun, Anne mengungkapkan bahwa koleksi perhiasan Kekaseh secara khusus dipersembahkan bagi orang-orang untuk bisa menyatakan perasaannya yang sesungguhnya pada pasangan atau orang yang dicintai.

"Tidak semua orang bisa menyampaikan rasa cintanya karena keterbatasan dari karakter orang tersebut," jelas Anne saat ditemui dalam acara opening store The Palace di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, Senin (17/1/2022).

"Jadi, saya berharap koleksi perhiasan Kekaseh ini bisa menjadi simbol cinta atau mewakili isi hati seseorang saat memberikan perhiasan kepada orang yang dicintainya," ujar dia.

Koleksi cincin Kekaseh dari The Palace yang dirancang khusus oleh desainer kondang Indonesia Anne Avantie.The Palace Koleksi cincin Kekaseh dari The Palace yang dirancang khusus oleh desainer kondang Indonesia Anne Avantie.
Misalnya, Anne melanjutkan, bahwa motif Sekar Jagad itu merupakan simbol berbunga-bunga yang bisa membuat rasa cinta pada pasangan awet, atau motif Sido Asih yang berarti selalu mengasihi sepanjang usia.

"Itulah makna-makna cinta yang ingin saya sampaikan. Maka, saya pelajari dulu maknanya kemudian baru saya gambar desain di kertas, original dari tangan saya dengan sepenuh hati," tambah dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.