Kompas.com - 21/01/2022, 06:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sinar matahari sebenarnya memiliki banyak manfaat, seperti memberikan vitamin D bagi kulit, meningkatkan kualitas tidur, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kendati demikian, terpapar sinar matahari terlalu lama memiliki efek negatif akibat adanya sinar ultra violet (UV) A dan B yang dapat mengakibatkan sunburn, kanker kulit dan penuaan dini,

Untuk itu, penggunaan tabir surya atau sunscreen sangat penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV, terutama bagi anak-anak.

Hal itu bukan tanpa alasan. Sebab, rupanya kulit anak-anak jauh lebih tipis dibandingkan orang dewasa.

“Karena sebenarnya kulit anak-anak itu baru 100 persen sempurna di usia 6 tahun, Jadi, pada usia bayi hingga 2 tahunan, kulit anak-anak itu sangat tipis dan sangat rentan rusak karena sinar UV,” ujar dokter kulit Grace NS Wardhana dalam webinar Momami Sun Range Virtual Launch pada Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Tepat

Selain itu, dokter Grace berpendapat bahwa melanin atau zat pigmentasi kulit yang merupakan pelindung alami dari sinar UV masih sedikit, sehingga sunscreen sangat diperlukan.

“Lalu, umumnya kulit anak terpapar sinar matahari lebih banyak, jadi perlu sekali,” lanjut dokter Grace.

Dokter Grace juga mengatakan bahwa saat ini masih banyak orangtua yang ragu untuk mengaplikasikan sunscreen pada anak-anaknya setiap hari.

Alasannya berbagai macam, mulai dari kurangnya sosialisasi pentingnya sunscreen sehingga menganggapnya “tidak wajib,” hingga khawatir sunscreen akan mencegah vitamin D terserap ke dalam kulit saat berjemur.

Namun menurut dokter Grace, kita tak perlu khawatir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.