Kompas.com - 26/01/2022, 19:06 WIB

KOMPAS.com - Perubahan situasi akibat pandemi Covid-19 dan kesibukan yang harus dijalani sehari-hari terkadang membuat kita lupa untuk mengurus diri.

Bahkan, memberikan penghargaan terhadap diri sendiri atas kerja keras dan pencapaian yang telah diraih pun terabaikan.

Padahal, meluangkan waktu untuk merawat dan mencintai diri sendiri (self love) adalah hal yang penting untuk tetap kita perhatikan lho.

Dengan self love dan menyenangkan diri sendiri, mindset pun akan lebih positif sehingga akan lebih termotivasi dalam beraktivitas.

Berkaitan dengan hal inio, Clinical Psychologist Inez Kristanti mengatakan, sebaiknya kita melihat self-love sebagai sebuah perjalanan, bukan tujuan.

Baca juga: Cara Ajarkan Anak untuk Menghargai Diri Sendiri

Alasannya, karena sepanjang perjalanan hidup, kita mungkin akan mempelajari cara-cara baru untuk menerima hal-hal dalam diri yang tidak bisa kita ubah.

Bersamaan dengan itu, kita pun terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Lebih jauh dalam webinar BincangShopee 2.2 COD Sale dengan tema “Self Love: Awali dari Diri Sendiri", Inez memberi tips untuk meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri.  

Inez Kristanti Inez Kristanti

  • Mendengarkan dan menanggapi kebutuhan diri sendiri

Cara untuk menerapkan self love berbeda untuk semua orang. Karena itu, cobalah untuk mendengarkan dan menanggapi kebutuhan diri.

Misalnya, dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekuranganmu, mimpi dan harapanmu, kegiatan favoritmu, dan apa yang membuatmu merasa senang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.