Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Cara Ajarkan Anak untuk Menghargai Diri Sendiri

Kompas.com - 03/12/2021, 11:15 WIB
Ilustrasi anak dan orangtua MEDIO by KG MEDIAIlustrasi anak dan orangtua
Editor Wisnubrata

MENGAWASI tumbuh kembang anak selayaknya sudah menjadi tugas dari orangtua. Keluarga yang menjadi lingkungan pertama bagi anak, patut menanamkan nilai-nilai atau sikap yang baik untuk anak.

Berbagai sikap baik dapat ditanamkan kepada anak, salah satunya adalah menghargai diri sendiri dengan hal yang dimiliki sehingga akan berdampak pada rasa senang, bahagia, dan bangga dengan apa yang dipunya.

Bentuk dari menghargai diri sendiri adalah self-love. Melansir bbrfoundation, self-love adalah suatu penghargaan terhadap diri sendiri yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual. Mencintai diri sendiri berarti sangat menghargai kesejahteraan dan kebahagiaan diri sendiri.

Mengajarkan self-love kepada anak dengan cara mencintai diri sendiri berarti menjaga kebutuhan pada diri anak dan tidak mengorbankan kesejahteraan anak untuk menyenangkan orang lain. Mencintai diri sendiri berarti menerima kekurangan yang dimiliki.

Dilansir dari kidshealth.org, ada beberapa cara untuk menghargai diri sendiri dan dapat diajarkan kepada anak, di antaranya merasa bangga dengan apa yang bisa mereka lakukan, melihat hal-hal baik tentang diri mereka sendiri, percaya pada diri mereka sendiri, bahkan ketika mereka tidak melakukannya dengan baik pada awalnya.

Selain itu, membuat anak merasa disukai dan diterima, serta anak dapat menerima diri mereka sendiri, bahkan ketika mereka melakukan kesalahan.

Bersyukur

Salah satu cara menghargai diri sendiri adalah dengan bersyukur, melansir Pijarpsikologi.org, dalam psikologi positif, bersyukur bukan hanya semata kata-kata terima kasih kepada seseorang atau bahkan Tuhan.

Bersyukur adalah kondisi emosi yang selalu mengizinkan kita untuk selalu berbahagia atas apa yang kita miliki.

Bersyukur juga bukan hanya saat ada orang yang menolong, membantu, atau ungkapan terima kasih yang kita sampaikan pada Tuhan saat beribadah saja. Namun, lebih kepada kondisi emosi yang selalu kita jaga.

Sebuah penelitian yang berjudul "The Relationship Between Gratitude and Happiness in Young Children" oleh Nguyen dan Gordon tahun 2019, menemukan bahwa rasa syukur terkait dengan kebahagiaan pada anak-anak di usia lima tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.