Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2022, 18:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Vox

KOMPAS.com - Kesadaran masyarakat untuk mengurangi konsumsi daging dan memperbanyak makanan nabati kian lama terus meningkat.

Bahkan sebuah kampanye bertajuk Veganuary yang mendorong pola makan nabati sudah dimulai sejak bulan Januari lalu.

Tahun ini tercatat setidaknya ada 629.000 orang yang mendaftar dalam kampanye Veganuary tersebut.

Tentu saja, ada sejumlah alasan mengapa orang-orang mengubah pola makan mereka dari daging ke nabati. Alasan paling umum adalah karena pertimbangan kesehatan.

Lalu, ada pula alasan lainnya soal kesejahteraan hewan, dan mengekang produksi daging yang berakibat pada perubahan iklim.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Makan Daging

Godaan kembali memakan daging

Meski pola makan nabati sudah mendunia, membiasakan tren ini untuk jangka waktu yang panjang bukanlah perkara yang mudah.

Studi tahun 2014 yang dilakukan oleh Faunalytics -sebuah organisasi nirlaba advokasi hewan menemukan, 84 persen vegetarian atau vegan kembali makan daging.

“Itu adalah statistik yang mengejutkan banyak orang cukup keras,” kata Jo Anderson, Psikolog dan Direktur Penelitian Faunalytics.

Ada sejumlah alasan yang ditemukan para peneliti di balik alasan beberapa orang kembali memakan daging, meski sudah sempat memutuskan menjadi vegetarian atau vegan.

Mulai dari bosan dengan pilihan makanan, merasa tidak sehat, perasaan ikut-ikutan tren, sampai merasa sulit mempertahankan diet murni tanpa daging, menjadi alasan.

Faunalytics juga mendapati hampir 75 persen orang yang ingin menjadi vegetarian atau vegan membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk menyesuaikan diri dengan pola makan baru tersebut.

Temuan itu didapat usai Faunalytics menyurvei 222 responden selama enam bulan, saat mereka memulai pola makan vegetarian atau vegan.

Tips mengurangi konsumsi daging

Anderson memiliki sejumlah tips agar pola makan nabati yang juga mengurangi konsumsi daging bisa dilakukan secara konsisten.

1. Tentukan alasan yang kuat

Anderson mengatakan, mengurangi konsumsi daging harus dimulai dari keyakinan dalam diri yang kuat.

Dia menyebut cara ini adalah kunci untuk mengadaptasikan kebiasaan baru dan bisa membuat orang konsisten melakukannya.

"Menemukan sesuatu dalam diri soal mengapa mengurangi daging atau menjadi vegetarian demi alasan hewan atau kesehatan dan menghubungkannya dengan identitas diri membantu konsistensi," kata Anderson.

Baca juga: Bahaya Makan Daging Merah Berlebihan, Menurut Studi

Selain motivasi dari dalam diri, kita juga bisa mendapat dukungan dari teman atau pasangan. Sayangnya ini tidak cukup efektif untuk jangka panjang.

“Orang yang berkomitmen cenderung berhasil,” ujar Anderson.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com