Kompas.com - 13/02/2022, 21:30 WIB

KOMPAS.com - 200 pasang sneaker Nike Air Force 1 rancangan mendiang desainer Virgil Abloh terjual dengan total 25,3 juta dollar AS atau Rp 363 miliar di situs lelang Sotheby pada 9 Februari 2022.

Harga tertinggi pada sepasang sneaker yang terjual adalah 352.800 dollar AS atau sekitar Rp 5,1 miliar untuk sepatu Louis Vuitton x Nike Air Force ukuran 5.

Sepatu tersebut awalnya "cuma" dibanderol 15.000 dollar AS atau sekira Rp 215 juta.

Baca juga: Rekor, Louis Vuitton x Nike Air Force 1 by Virgil Abloh Terjual Rp 5 Miliar

Sotheby melaporkan hasil dari pelelangan sepatu rancangan Virgil Abloh akan disumbangkan ke Virgil Abloh "Post-Modern" Scholarship yang bertujuan membantu siswa kulit hitam meniti karier di bidang mode.

Penjualan tersebut mengukuhkan karya dan misi amal bagi mendiang desainer Virgil Abloh, yang merupakan bagian yang penting dalam produksi sepatu.

"Lelang memecahkan rekor hari ini. Ini merupakan bukti Virgil Abloh sebagai salah satu seniman dan desainer visioner yang karyanya sangat berpengaruh.

Dampak secara luas masih terasa," kata CEO Sotheby, Charles F. Stewart dalam sebuah pernyataan.

Setiap pasang sepatu yang terjual ini akan dikemas dengan kotak oranye eksklusif yang ikonik dengan lambang LV.

Sebelumnya Sotheby memprediksi perkiraan awal untuk lelang online, harga dari setiap sepatu akan terjual sekitar 1-3 juta dollar AS saja.

Tapi dengan cepat, lelang yang berlangsung pada 26 Januari-8 Febriari 2022 ini mencapai rekor partisipan melebihi prediksi awal.

Baca juga: Dilelang, Sneaker Louis Vuitton x Nike Air Force Karya Virgil Abloh Ini Dihargai Rp 1,2 Miliar

Tercatat sekitar 1.200 penawar dari 50 negara ikut berpartisipasi dengan rata-rata 52 tawaran per lot. Kolektor dari Asia menyumbang 40 persen dari total penjualan.

Selain ukuran 5 jadi yang terlaris, sepasang sneaker ukuran 9,5 menempati posisi tertinggi kedua dengan harga 201.600 dollar AS atau kira-kira Rp 2,9 miliar, dan beberapa pasang alas kaki ukuran 9,5, 10, 10,5, dan 11 rata-rata terjual 189.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.