Kompas.com - 17/02/2022, 15:43 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu tentu pernah mendapati skincare dengan kandungan shea butter. Bukan hanya produk perawatan tubuh, shea butter juga ditemukan dalam produk pelembap bibir dan perawatan rambut.

Lalu apa sebenarnya shea butter?

Shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang tumbuh luas di sabana Afrika Barat, terutama di Ghana dan Burkina Faso.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kulit dan rambut. Shea butter dapat digunakan sebagai tabir surya hingga penghilang ketombe.

Agar menjadi butter, biji dari kacang pohon shea diolah menjadi bubuk dengan cara dikeringkan, dipanggang, dan digiling. Selanjutnya, bubuk direbus hingga menghasilkan minyak.

Minyak yang muncul lalu dipisahkan dan didinginkan hingga menjadi padat seperti krim atau mentega. Mentega ini bisa digunakan untuk memasak atau diolah menjadi produk kecantikan, seperti sabun, sampo, kondisioner, hingga pelembap kulit.

Sebelum populer digunakan menjadi kandungan skincare, ternyata shea butter telah menjadi bahan perawatan tubuh para wanita di Afrika.

Alasannya karena shea butter mengandung banyak vitamin, nutrisi dan asam lemak. Shea butter mengandung zat antiradang, antijamur, dan antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas, serta dipercaya dapat mengatasi sejumlah gangguan pada kulit.

Berdasarkan penelitian, kandungan di dalam shea butter antara lain:

  • Vitamin A dan E. Vitamin ini dapat meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel kulit, serta menjadikan kulit lebih sehat.
  • Asam lemak esensial yang terdiri dari asam linoleat, palmitat, stearat dan oleat, untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit.
  • Zat triterpen, tokoferol, fenol, dan sterol, yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan.
  • Lemak trigliserida, untuk memelihara kesehatan kulit.
  • Cetyl ester, yang membantu mempertahankan kelembapan kulit

Selain itu, shea butter tidak mengandung bahan membuat kulit kering dan iritasi, sekaligus tidak membuat kulit jadi berminyak, sehingga aman untuk digunakan pada semua jenis kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.