Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Pentingnya Mengelola Diri untuk Menggapai Resolusi

Kompas.com - 11/03/2022, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Berubah untuk menjadi lebih baik merupakan keinginan setiap individu atau kelompok demi masa depan. Salah satu pola perubahan yang masih menjadi polemik karena tingkat keberhasilannya adalah resolusi.

Menurut kamus Cambridge, resolusi adalah janji kepada diri sendiri untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Resolusi dianggap sebagai keinginan seseorang untuk menunjukkan perilaku yang baik dengan tujuan memperbaiki kehidupan mereka.

Resolusi biasanya dikaitkan dengan suatu tujuan yang ingin dicapai. Artinya, seseorang dituntut untuk berusaha keras tercapainya hal tersebut.

Dalam siniar Smart Inspiration, edisi Happiness bertajuk “Mengapa Sebuah Resolusi Sering Mengalami Kegagalan?” di Spotify. Dikatakan bahwa resolusi merupakan niat baik yang datang dari diri kita di masa depan mengenai apa yang bisa kita lakukan.

Bagaimana Pengaruhnya terhadap Resolusi?

“Setiap orang di dunia ketika tahun baru selalu bikin resolusi, apakah itu ditulis atau tidak, minimal dia mengucapkan itu. Tetapi kemudian dia lupa sampai akhir tahun, dia baru inget lagi saat membuat resolusi tahun berikutnya,” ujar Arfan.

Lelaki itu juga menyampaikan bahwa ada penelitian yang menyatakan dari 100 orang pembuat resolusi hanya 16 orang yang benar-benar melakukan atau mewujudkannya. Sementara itu, sisanya hanya bertahan di minggu pertama hingga minggu keenam.

Melihat tingkat kegagalan yang tinggi saat ingin mencapainya, kira-kira apa yang sebenarnya terjadi?

Hal ini dapat dijelaskan dengan konsep terbaginya dua diri manusia. Pertama adalah future self yang berarti diri kita di masa depan. Future self merupakan perwujudan impian tiap manusia di masa depan.

Baca juga: Kiat Menyusun Resolusi Tahun Baru Secara Bijaksana

Selain itu, terdapat pula present self yang berarti bagian diri kita saat ini. Konsep diri ini berkaitan erat dengan jati diri dan pilihan hidup yang kita ambil. Selain itu, bagian ini pula yang dapat merealisasikan segala mimpi untuk future self.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.