Kompas.com - 16/03/2022, 11:26 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Baru-baru ini, ramai sebuah video yang menampilkan seorang ibu yang mengaku telah memberi bayinya makanan pendamping ASI (MPASI) sejak bayinya lahir.

Padahal, umumnya MPASI diberikan setelah bayi berusia enam bulan, dan di bawah umur tersebut, anak tidak boleh diberi makanan apapun selain ASI

Pasalnya, pemberian makanan lain di bawah usia enam bulan dapat membahayakan nyawa anak

Namun, apa aja bahayanya? Berikut paparan dari Dokter Spesialis Anak RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Kurniawan Satria Denta.

“Ada efek jangka pendek dan jangka panjang. Efek jangka pendeknya itu risiko penyumbatan saluran cerna. Makanan padat yang mak bedunduk muncul tiba2 di usus bisa bikin mandeg usus bayi, macet gak isa gerak. Ini termasuk emergency, bisa butuh penanganan sampai ke bedah anak,” tuturnya melalui akun Twitter-nya, @sdenta, sebagaimana dikutip oleh Kompas.com pada Rabu (16/3/2022).

Menurutnya, meski efek jangka pendek tidak terjadi, masih ada efek jangka panjang yang akan menghantui, yaitu memiliki masalah nutrisi, metabolik hingga jantung kardiovaskuler di kemudian hari. Tak jarang, masalah ini terbawa sampai anak tumbuh dewasa.

Agak eman ya guys, cuma karena terburu-buru pengen ngasih makan bayi, anak nantinya jadi hidup di bawah bayang-bayang risiko lebih tinggi, terjadi diabetes, obesitas, dan penyakit kronis lainnya,” kata dia.

Dokter Denta juga menjelaskan bahwa sebenarnya bayi yang sudah memiliki tanda siap MPASI memang bisa diberi makanan meski di bawah usia enam bulan atau usia yang direkomendasikan WHO.

Kendati demikian, usia bayi harus minimal empat bulan saat menerimanya. Jika tidak, efek-efek di atas bisa diderita oleh bayi.

Selain itu, pada usia-usia tersebut, motorik dan saluran cerna bayi sudah mulai siap untuk belajar makan dan mencerna dengan baik.

Alasan selanjutnya, karena ASI sudah mulai tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi dari bayi.

“Jadi ya kalo telat ngasih MP-ASI juga ada risikonya, bisa jadi kurang gizi, bisa juga malah jadi punya masalah alergi atau toleransi yg kurang baik terhadap makanan,” pungkasnya.

Baca juga: Simak Rekomendasi WHO Terkait Pemberian Mpasi pada Anak Usia 6-12 Bulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.