Kompas.com - 21/03/2022, 19:26 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penyakit GERD atau asam lambung (acid reflux) biasanya terjadi ketika asam lambung naik dari perut ke kerongkongan dan menyebabkan sejumlah gejala yang terasa tidak nyaman.

Adapun gejala yang bisa kita rasakan saat mengalami penyakit asam lambung adalah heartburn dan rasa tidak enak di mulut yang bisa mengganggu tidur kita.

Penyakit asam lambung juga bisa mengindikasikan sesuatu yang berbahaya seperti timbulnya penyakit kanker. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda, cara mengobati, serta pencegahannya yang tepat.

Penyebab yang jarang diketahui

Seorang spesialis bedah bariatrik yang berbasis di Florida, Dr Arundathi Rao, MD, melihat begitu banyak penyebab asam lambung yang jarang diketahui.

"Selain genetika, jika kita lahir dengan hernia hiatus, maka itu adalah faktor terbesar yang dapat meningkatkan tekanan di perut terangnya.

Di samping itu, berbagai faktor dapat menyebabkan penyakit asam lambung, termasuk obesitas, kehamilan, sering mengangkat benda berat, merokok, COPD atau batuk kronis, dan menjalani operasi "tummy tuck" untuk menghilangkan lemak.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Asam Lambung Lewat Perubahan Gaya Hidup

Tanda-tanda penyakit asam lambung

Dokter Rao mengatakan bahwa ada berbagai gejala penyakit asam lambung, tetapi yang paling umum meliputi:

• Maag.

• Batuk kronis.

• Disfagia (kesulitan menelan).

Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.