Kompas.com - 21/03/2022, 19:44 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mendengar nama Eugène Rimmel? Ya, nama ini tidak lepas dari brand kosmetik Rimmel London, salah satu merek pertama yang menyediakan parfum dan maskara.

Menurut Wikipedia, Eugène Rimmel (1820–1887) adalah seorang pembuat parfum dan pengusaha Inggris kelahiran Prancis, yang paling awal memproduksi dan memasarkan beberapa kosmetik komersial.

Lahir di Prancis, Rimmel pindah bersama keluarganya ke London ketika ayahnya menerima ajakan untuk mengelola perusahaan wewangian di Bond Street.

Rimmel pun ikut belajar pada ayahnya. Pada tahun 1834 ia membuka usaha wewangiannya sendiri, yang diberi nama House of Rimmel.

Pada tahun yang sama ayah dan anak ini memproduksi produk kosmetik pertama mereka. Lalu di usia 24, Eugène Rimmel telah dianggap sebagai ahli parfum dan inovator kosmetik.

Oleh banyak sejarawan kecantikan, Rimmel bahkan disebut sebagai pelopor industri kecantikan dan perawatan tubuh. Dia juga orang pertama yang mengembangkan pomade beraroma, obat kumur, dan "toilet vinegar" khasnya.

Tapi penemuannya yang paling inovatif adalah maskara non-toksik komersial pertama, yang menjadi sangat populer sehingga kata "rimmel" memiliki arti "mascara" dalam beberapa bahasa termasuk Portugis, Rumania, Spanyol, dan beberapa bahasa lain.

Rimmel kemudian sangat sukses sehingga dia dihadiahi sepuluh Royal Warrants dari kepala negara di seluruh Eropa, termasuk Ratu Victoria, untuk parfum dan produk wewangiannya.

Kini Rimmel London memiliki sangat banyak produk kosmetik --dari alas bedak hingga lipstik dan maskara-- yang mendorong penggunanya menggunakan riasan sesuai kesukaannya sebagai bentuk ekspresi diri.

Kabar baiknya, pada tahun 2022 ini, Rimmel London mulai masuk ke Indonesia diusung oleh PT. Aroma Abadi sebagai distributor tunggal untuk pasar Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.