Kompas.com - 23/03/2022, 15:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Generasi muda zaman sekarang seperti milenial dan gen Z mungkin mengalami lebih banyak masalah kesehatan daripada orang tua mereka.

Tak jarang anak muda zaman sekarang lebih "akrab" dengan obat sakit kepala, obat asam lambung, bahkan minyak angin dalam beraktivitas.

"Kekhawatiran generasi muda saat ini (soal kesehatan) relatif sama dengan orang usia paruh baya atau lebih tua," kata Mariea Snell, DNP, Associate Professor dan Fakultas-Koordinator Program Keperawatan di Universitas Maryville.

"Ketika orang tua seusia mereka, justru tidak memiliki masalah kesehatan yang hampir sama," ujarnya.

Baca juga: Hipertensi pada Anak Muda Bisa Sebabkan Demensia di Kemudian Hari

Kondisi tubuh yang lemah pada anak muda sering dikatakan "jompo" dalam istilah kekinian.

Hal yang menjadi penyebab utamanya adalah perbedaan gaya hidup, kecanggihan teknologi, dan kebiasaan yang bikin anak muda tidak aktif bergerak.

Berikut adalah beberapa alasan anak muda zaman sekarang lebih jompo ketimbang orang tua mereka, sebagaimana dilansir Bustle.

1. Paparan cahaya biru dari gadget

Milenial cukup akrab dengan gadget, seperti TV, smartphone, laptop, dan tab. Gadget tersebut dapat memancarkan cahaya biru yang membuat mata menjadi lebih sensitif dengan cahaya.

Dalam 10 tahun terakhir, para ilmuwan menemukan beberapa kasus ketergantungan pada perangkat digital.

"Seiring bertambahnya usia, lensa di mata kita perlahan menguning. Pigmen kuning menyaring cahaya biru dan tingkat paparan kita secara keseluruhan lebih sedikit,"

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bustle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.