Kompas.com - 01/04/2022, 13:24 WIB

KOMPAS.com - Kulkas sudah menjadi tempat penyimpanan makanan yang paling cepat dan praktis di setiap rumah.

Suhu dingin di dalam kulkas membuat sayuran, buah-buahan, daging, bumbu masakan, dan lain-lain tidak cepat busuk bila dimasukkan ke dalamnya.

Tapi, kalau makanan terus-menerus disimpan di dalam kulkas, kira-kira bisa tahan berapa lama, ya?

Keawetan makanan di dalam kulkas

Pertama-tama, perlu dicatat bahwa setiap makanan -baik yang masih mentah atau yang sudah masak- punya tingkat ketahanan yang berbeda-beda.

Misalnya saja telur, sayuran, kacang-kacangan, atau bacon yang sudah dimasak dapat bertahan selama seminggu di dalam kulkas.

Tapi hal yang berbeda mungkin tidak berlaku bagi makanan mentah dalam kemasan atau produk lainnya yang masing-masing punya masa kedaluwarsa.

Makanan yang bisa bertahan cukup lama lainnya di kulkas juga meliputi sosis, daging burger, daging ayam, dan daging cincang.

Terkhusus untuk saus, pasta, atau nasi, makanan ini sebaiknya segera dimakan sebelum melebihi tiga bulan sejak disimpan di kulkas.

Sementara, apabila kita mau menyimpan smoothie di kulkas, minuman ini hanya bisa bertahan selama sehari.

Hal itu disebabkan proses oksidasi pada buah yang sudah dihaluskan sehingga smoothie lama-kelamaan akan mengalami perubahan rasa dan warna.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.