BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Lipat Gandakan Pahala Lewat 3 Langkah Kecil Berikut

Kompas.com - 30/04/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.comRamadhan menjadi momen untuk melipatgandakan pahala. Tak heran, banyak umat Islam berlomba-lomba melakukan kebaikan sepanjang bulan suci ini. Salah satunya dengan berbagi atau bersedekah.

Selain sebagai ladang pahala, berbagi juga berdampak pada kesehatan tubuh pelakunya secara keseluruhan. Dilansir dari Givly, Jumat (5/2/2021), berbagi dapat menurunkan tingkat stres, meningkatkan harapan hidup, dan menghindarkan dari berbagai risiko penyakit.

Berbagi pada dasarnya bisa diwujudkan lewat langkah kecil yang dilakukan di lingkungan sekitar. Berikut ulasannya.

1. Menghibahkan mukena ke masjid

Selain pakaian, mukena juga sering masuk ke daftar belanjaan wajib menjelang Lebaran. Ada banyak alasan hal ini dilakukan. Salah satunya, ingin tampil menarik ketika salat Idulfitri. Padahal, bisa saja mukena lama masih layak dan bagus digunakan.

Jika kamu punya kebiasaan seperti itu, coba cek lagi jumlah mukena yang dimiliki. Bila jumlahnya menumpuk dan masih bagus, tidak ada salahnya menghibahkan mukena-mukena lama ke masjid atau musala. Keputusan ini lebih baik daripada membiarkannya tidak terpakai.

Kamu bisa membawa seluruh mukena lama ketika bepergian. Singgahlah sejenak ke masjid atau musala yang dijumpai di jalan untuk menyerahkan mukena itu kepada marbut. 

2. Berbagi takjil kepada duafa

Berbagi tidak harus dilakukan dengan memberikan barang mewah. Bantuan sederhana, seperti takjil, tidak kalah bermaknanya. Ini mengingat, makanan adalah kebutuhan esensial manusia.

Apalagi, jika takjil dibagikan kepada duafa. Perlu diketahui, jumlah golongan masyarakat ini tak sedikit. Badan Pusat Statistik mencatat, jumlah orang miskin pada September 2021 sebanyak 26,50 juta orang atau 9,71 persen dari total penduduk Indonesia saat itu.

Ada beragam cara untuk menyalurkan bantuan tersebut. Kalau tidak sempat membagikan takjil secara langsung, kamu bisa menyumbang dalam bentuk uang lalu titipkan ke lembaga sosial atau komunitas yang menangani duafa. Contohnya, Dompet Dhuafa.

Metode pembayaran yang tersedia di Dompet Dhuafa. Dok. Jenius Metode pembayaran yang tersedia di Dompet Dhuafa.

Jika kamu memberi sumbangan kepada Dompet Dhuafa menggunakan metode pembayaran Jenius Pay, nominal dana tersebut akan digandakan. Penawaran ini hanya berlaku untuk bantuan berupa paket takjil atau makan sahur dengan sumbangan minimal Rp30.000.

Adapun penawaran yang berlangsung hingga 3 Mei 2022 tersebut merupakan bagian dari program kolaborasi Double Donation antara Jenius dengan Dompet Dhuafa. Informasi selengkapnya, silakan klik tautan ini.

3. Memberi makan kucing liar

Berbagi tidak hanya bisa dilakukan ke sesama manusia, tapi juga makhluk hidup lain. Contohnya, kucing liar. Perlu diketahui, kebanyakan hewan ini hidup memprihatinkan, seperti sulit mendapat makanan.

Kamu bisa berbagi kebaikan dengan memberi makan kucing liar. Untuk mempermudah, beli saja pakan kucing yang dijual secara kiloan.

Tempatkan sebagian makanan itu pada wadah, seperti botol bekas air mineral berukuran kecil, agar muat dimasukkan ke dalam tas. Begitu menemukan kucing liar, kamu bisa langsung memberikan makanan yang telah kamu siapkan.

Hal tersebut sama seperti yang dilakukan oleh Eva Celia. Selain menjadi ladang pahala, memberi makan kucing liar juga membantu keberlanjutan hidup mereka.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Eva Celia (@evacelia)

Itulah tiga aksi sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melipatgandakan pahala selama Ramadhan. Mumpung masih ada waktu, jangan tunda untuk melakukannya, ya!

Agar langkah kecil untuk berbagi kebaikan selama Ramadhan makin maksimal, kamu juga bisa berpartisipasi dalam program Double Donation hasil kolaborasi antara Jenius dan Rumah Yatim. Keikutsertaanmu akan membantu ribuan yatim piatu yang terancam putus sekolah yang akan disalurkan melalui Yayasan Rumah Yatim.

Sumbangan untuk mereka bisa disalurkan melalui laman donasionline.id/celenganyatim dengan metode pembayaran Jenius Pay.

Serupa dengan program Double Donation bersama Dompet Dhuafa, sumbangan minimal senilai Rp10.000 akan dilipatgandakan oleh Jenius hingga Rp30.000. Program ini berlangsung hingga 7 Mei 2022 serta berlaku di website dan aplikasi Rumah Yatim.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program Double Donation Rumah Yatim, kunjungi tautan ini.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.