Kompas.com - 17/05/2022, 06:54 WIB

KOMPAS.com - Menerapkan kebiasaan pagi bagi anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah tantangan yang berat bagi orangtua.

Karena ADHD yang diidap si kecil dapat menyebabkan mereka sulit berkonsentrasi, tidak bisa diam, dan berperilaku impulsif.

Pada awalnya orangtua mungkin merasa lelah dan kehabisan akal dengan tingkah anaknya yang menderita ADHD karena sulit diatur.

Tapi, itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diatasi karena orangtua bisa membiasakan rutinitas pagi bagi anak ADHD dengan mengikuti cara-cara berikut.

1. Bicarakan aktivitas dengan anak satu hari sebelumnya

Tidak ada salahnya bagi orangtua untuk duduk dan ngobrol bareng anaknya yang ADHD setiap malam tentang kebiasaan pagi mereka.

Orangtua dapat menyusun rencana aktivitas untuk si kecil dari bangun pagi, mandi, memakai seragam, sarapan, hingga berangkat ke sekolah.

Rencana yang disusun orangtua sebaiknya dicatat secara rinci dengan langkah spesifik untuk setiap aktivitas yang harus diselesaikan anak ADHD.

Di sisi lain, anak yang ADHD dapat diajak oleh orangtua untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum keesokan hari tiba.

Baca juga: Mengenal Gejala ADHD pada Anak

2. Pastikan anak cukup tidur

Waktu tidur yang kurang adalah pintu awal menuju berbagai masalah, termasuk pada anak yang mengidap ADHD.

Karena alasan itulah orangtua perlu memastikan anak ADHD tidur nyenyak agar mereka lebih tangguh dan siap menghadapi rutinitas pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.