Kompas.com - 27/05/2022, 06:54 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di kalangan penggemar jam tangan, sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu arloji yang mempunyai hubungan erat dengan luar angkasa adalah Omega Speedmaster.

Beberapa astronot, termasuk Neil Armstrong dan Buzz Aldrin memakai Omega Speedmaster ketika melakukan penerbangan luar angkasa.

Padahal sebenarnya, bukan hanya Omega Speedmaster yang identik dengan dunia penerbangan luar angkasa.

 

Scott Carpenter kenakan Breitling Navitimer Cosmonaute dalam perjalanan luar angkasa 

Pada 24 Mei 1962, astronot NASA, Scott Carpenter melakukan perjalanan menggunakan pesawat ruang angkasa Aurora 7 mengorbit Bumi sebanyak tiga kali.

Dalam penerbangan tersebut, Carpenter menyematkan Breitling Navitimer Cosmonaute di pergelangan tangannya.

Sebelumnya, Carpenter menghubungi Willy Breitling, cucu dari pembuat jam Leon Breitling. Ia meminta Willy mendesain Breitling Navitimer edisi khusus untuk misi penerbangannya dengan pesawat ruang angkasa Aurora 7.

Scott Carpenter Scott Carpenter

Untuk Breitling Navitimer miliknya, sang astronot ingin fitur penggaris melingkar (slide rule) tetap dipertahankan agar ia bisa menggunakannya untuk melakukan navigasi manual.

Slide rule yang terdapat dalam Breitling Navitimer original memiliki tiga skala, dua dicetak pada dial dan satu lagi di rotating bezel.

Dua skala --masing-masing di bagian dial dan bezel-- yang dikenal sebagai skala C dan D berfungsi menghitung perkalian dan pembagian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.