Kompas.com - 27/05/2022, 15:11 WIB

KOMPAS.com - Dalam menyambut pernikahan, terdapat berbagai hal penting yang harus dipersiapkan, mulai dari tempat, katering, hingga undangan.

Meski begitu, persiapan jelang pernikahan tak melulu berbicara mengenai hal teknis dan material. Pasalnya, ada juga hal penting lainnya yang juga perlu dipikirkan secara matang, yakni kesehatan.

Untuk diketahui, tes kesehatan sebelum menikah penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Selain itu, tes tersebut diperlukan untuk mencari tahu tentang keberadaan penyakit menular yang diderita oleh kedua calon pengantin.

Dengan begitu, calon pengantin bisa merencanakan kehamilan sehat sehingga anak yang dilahirkan kelak dapat tumbuh optimal dan jauh dari berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting.

Oleh karena itu, bagi para generasi bersih dan sehat (Genbest) yang hendak menikah, jangan lupa untuk melakukan tes kesehatan.

Seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (19/3/2022), menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, setiap calon pengantin idealnya melakukan tes kesehatan tiga bulan sebelum menikah. Lantas, tes apa saja yang harus dilakukan?

Berikut tujuh tes kesehatan yang penting dilakukan setiap calon pengantin sebelum menikah.

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

1. Tes penyakit menular seksual

Genbest dan pasangan perlu melakukan tes penyakit menular seksual sebelum menikah.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.