Kompas.com - 27/05/2022, 17:07 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Parenting

Uraikan lika-liku Anda mengasuh anak jadi lebih simpel

Kenali soal gaya asuh lebih apik lewat konsultasi Kompas.com

KOMPAS.com – Melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan merupakan hal yang harus dipikirkan secara matang. Sebab, menikah merupakan salah satu komitmen besar dalam hidup.

Berbeda dengan pacaran, menikah akan diikuti dengan banyak tanggung jawab. Akan banyak pula lika-liku yang akan dihadapi oleh pasangan. Oleh karena itu, pasangan Generasi Bersih dan Sehat (GenBest) harus memiliki kesiapan agar tidak terjadi masalah ke depannya.

Pasangan yang siap menikah dapat ditandai dengan memenuhi sejumlah aspek. Aspek tersebut meliputi kesiapan fisik, mental, dan kecukupan usia.

Apakah GenBest dan pasangan sudah siap menikah? Simak uraian tujuh tanda pasangan siap menikah berikut.

Baca juga: Tanda GenBest dan Pasangan Siap Menikah

Usia ideal

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), usia ideal menikah di Indonesia adalah minimal 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki.

Usia ideal tersebut merupakan aspek penting yang harus dipenuhi pasangan sebelum menikah. Sebab, pada usia ini, baik perempuan maupun laki-laki umumnya sudah matang.

Selain itu, menikah di usia ideal, juga berpengaruh besar dalam meminimalisasi risiko stunting pada bayi akibat pernikahan usia remaja.

Baca juga: Mengapa Hamil di Usia Remaja Sangat Berisiko

Tujuan menikah baik

Apa tujuan menikah GenBest dan pasangan? Kalau hanya karena gengsi dan ejekan orang-orang, lebih baik tunda hal tersebut. Sebab, menikah tidak bisa menuntaskan rasa gengsi.

Menikah merupakan komitmen besar seumur hidup yang harus dijalani bersama pasangan. Jadi, butuh niat baik dan kesiapan yang cukup sebelum memutuskan untuk menikah.

Punya perencanaan yang matang

Menikah tidak terbatas pada pesta semalam saja. Setelah seluruh rangkaian perayaan, ada realita kehidupan rumah tangga yang harus dihadapi.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.