Dr. Drs. I Ketut  Suweca, M.Si
PNS dan Dosen Ilmu Komunikasi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Pencinta dunia literasi

Inilah Manfaat Berlatih Bela Diri bagi Anak

Kompas.com - 24/06/2022, 13:58 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KETIKA masih anak-anak, penulis sudah menyukai olahraga bela diri. Salah satu yang menginspirasi untuk menekuni bela diri adalah film-film kungfu dan silat zaman dulu yang banyak diputar di arena desa.

Kakak penulis rupanya tidak menyetujui penulis yang saat itu berencana menekuni bela diri, sampai-sampai dia mengambil kembali kain untuk baju bela diri yang penulis berikan kepada tukang jahit.

Kakak rupanya khawatir kalau dengan belajar bela diri, adiknya akan terbentuk menjadi pribadi yang sombong dan suka membuat onar.

Akan tetapi saking semangatnya, penulis membawa kembali kain itu ke tukang jahit. Kali ini tidak dilarang, juga tak diambil lagi oleh kakak. Sejak saat itulah penulis mengikuti latihan bela diri.

Manfaat bela diri

Penulis mengamati bahwa ada sejumlah manfaat ilmu bela diri terutama bagi anak-anak. Mari kita cermati apa saja manfaatnya.

Pertama, menjaga kesehatan. Berolahraga untuk menjaga kesehatan sangat dianjurkan. Bela diri adalah salah satu olahraga yang juga dianjurkan untuk anak-anak.

Dengan berlatih secara kontinu, anak-anak akan terjaga kesehatannya. Kesehatan adalah faktor penting yang mendukung berbagai aktivitas anak-anak.

Kedua, memiliki kemampuan bela diri. Salah satu keuntungan mengikuti olahraga ini dibanding olahraga lainnya adalah untuk menjaga diri, di samping untuk menjaga kesehatan.

Dengan kata lain, ilmu bela diri bermanfaat sebagai bentuk self defence, bahkan menjadi bekal yang sangat berharga ketika mereka menanjak remaja dan dewasa. Ia akan lebih mampu melindungi dirinya sendiri, bahkan orang lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.