Kompas.com - 30/06/2022, 13:30 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orang-orang yang tinggal di wilayah zona biru (blue zone) dikenal memiliki gaya hidup yang sehat sehingga mereka bisa hidup lebih lama, bahkan ada yang hidup hingga lebih dari 100 tahun.

Lokasi zona biru ini pun meliputi beberapa wilayah seperti Ikaria di Yunani, Okinawa di Jepang, Provinsi Ogliastra di Sardinia, Italia, Loma Linda di California, serta Semenanjung Nicoya di Kosta Rika.

Sebagian besar orang-orang ini diketahui memiliki pola makan berbasis tanaman dengan sekitar 95 persen sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Selain itu, mereka juga tidak mengonsumsi banyak daging, susu, makanan atau minuman manis, maupun makanan olahan.

Dan makanan ternyata bukan satu-satunya alasan orang-orang di zona biru berumur panjang karena mereka juga sering melakukan aktivitas fisik, memiliki tingkat stres yang rendah, terhubung secara sosial, serta memiliki tujuan hidup yang kuat.

Baca juga: Simak, Rahasia Komunitas Zona Biru untuk Turunkan Berat Badan

Nah, bagi yang tertarik untuk hidup lebih lama seperti orang-orang di zona biru, ada beberapa makanan yang mungkin bisa kita tambahkan ke dalam rutinitas sehari-hari, seperti berikut ini.

1. Legume

Dari chickpea hingga lentil, legume adalah bagian penting dari diet zona biru.

Kaya akan serat dan bermanfaat bagi kesehatan jantung, legume juga merupakan sumber protein, karbohidrat kompleks, serta banyak vitamin dan mineral lainnya.

Untuk benar-benar merasakan manfaatnya, cobalah mendapatkan setidaknya setengah cangkir legume setiap hari.

Di samping itu, legume juga bisa ditambahkan ke dalam menu makanan lainnya seperti salad, sup, dan banyak resep berbasis sayuran.

Baca juga: Lentil dan Legume, Makanan Tinggi Protein untuk Kulit Awet Muda

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.