Kompas.com - 04/07/2022, 19:40 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pertandingan akbar tenis dunia di Wimbledon punya aturan ketat soal busana yang dikenakan atlet perempuan.

Tidak seperti kejuaraan dunia lainnya, di Wimbledon para atlet perempuan tidak diperkenankan memakai dress atau busana yang terlalu terbuka.

Mungkin para penonton sudah sadar akan aturan ini, karena aturan berpakaian tersebut telah menjadi fitur yang membedakan antara Wimbledon dan kejuaraan tenis lainnya.

Di saat pertandingan lain diperbolehkan mengenakan sportwear dengan warna cerah sampai neon, Wimbledon hanya menerapkan aturan berpakaian yang sopan dan bernuansa "smart".

Baca juga: Dipakai Serena Williams, Apa Fungsi Plester Hitam di Wajahnya?

Alhasil, rata-rata para pemain mengenakan busana bernuansa putih dan cenderung terlihat lebih sopan, seperti berupa atasan kaus putih hingga sportwear yang tidak terlalu terbuka.

Melansir Dailystar, larangan itu berawal pada tahun 2016, yang mana Nike merilis dress tenis baru untuk dipakai atlet perempuan selama turnamen berlangsung.

Dress itu diberi nama Premier Slam, yang hadir dengan konsep sporty look, perpaduan antara sport bra dan bagian bawahnya seperti rok lipit yang berumbai.

Namun pihak All England Club mengeluhkan bahwa busana seperti itu tidak cukup menutupi kulit.

Mereka juga beranggapan bahwa busana yang seperti itu bakal mengekspos bagian tubuh atlet perempuan ketika mereka mengayunkan raketnya.

Teguran keras pun diterima pihak Nike dan disarankan sebuah solusi yang mendesak para pemain untuk mengembalikan pakaian itu agar dapat disesuaikan dengan busana yang tepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.