Kompas.com - 02/08/2022, 20:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ibu hamil wajib memerhatikan setiap kandungan pada skincare yang digunakan sehari-hari.

Seperti pada kandungan produk perawatan kulit yang mengandung retinol. Retinol adalah salah satu komponen bahan kimia yang juga dikenal sebagai retinoid.

Kandungan ini berasal dari turunan vitamin A yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit mulai dari mengurangi keriput, kerutan, mendorong produksi kolagen sampai dapat membantu melawan jerawat.

Kandungan retinol seringkali ditemukan pada serum wajah, gel sampai krim. Penggunaannya pun cukup mudah karena manfaatnya langsung bereaksi pada kulit wajah secara topikal.

"Turunan vitamin A seperti retinol bekerja dengan mengikat reseptor di kulit dan bermanfaat bagi kulit," ucap Blair Murphy-Rose, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat di Laser & Skin Surgery Center of New York, seperti dikutip Verywell Family.

Baca juga: Bolehkah Pakai Skincare Retinol Dicampur Niacinamide?

Dampak retinol pada ibu hamil dan ibu menyusui


Ketika mengetahui positif hamil, hal pertama yang harus dilakukan para wanita yaitu mengubah gaya hidup. Wanita yang semula kerap menunda makan atau jarang olahraga, secara total harus meninggalkan kebiasaan tersebut. Ketika mengetahui positif hamil, hal pertama yang harus dilakukan para wanita yaitu mengubah gaya hidup. Wanita yang semula kerap menunda makan atau jarang olahraga, secara total harus meninggalkan kebiasaan tersebut.

Retinol saat ini banyak digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan wajah yang beredar di pasaran.

Meski demikian, perlu diingat meski memiliki banyak manfaat, tetapi selama kehamilan retinol tidak direkomendasikan bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

Ada sejumlah risiko yang bisa berdampak buruk pada janin dan berpotensi janin cacat lahir.

"Meskipun belum ada bukti yang menunjukkan bahwa turunan vitamin A topikal seperti retinol menyebabkan cacat lahir."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.